Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:06 WIB | Selasa, 07 Januari 2014

Google Bermitra dengan Produsen Otomotif untuk OS Android di Mobil

Logo Android

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM - Google bergabung dengan produsen otomotif General Motors, Audi, Honda dan Hyundai dalam sebuah kemitraan baru guna membawa sistem mobile Android ke dalam kendaraan.

Perusahaan tersebut, dengan perusahaan semikonduktor Nvidia, mengumumkan pembentukan Open Automotive Alliance (OAA), sebuah kelompok industri “berkomitmen untuk membawa platform Android ke dalam mobil mulai 2014,” menurut sebuah pernyataan.

“OAA didedikasikan untuk platform bersama yang akan mendorong inovasi, dan membuat teknologi dalam mobil lebih aman dan intuitif bagi semua orang,” tambah pernyataan tersebut.

“Model pengembangan terbuka dan platform bersama ini akan memungkinkan produsen otomotif untuk lebih mudah menghadirkan teknologi canggih kepada para pengemudinya, dan membuat peluang baru bagi para pengembang untuk memberikan pengalaman luar biasa bagi pengemudi dan penumpang dalam cara yang aman dan terukur.”

Pengumuman tersebut muncul dengan produsen otomotif mengupayakan teknologi baru bagi mobil yang terkoneksi, untuk menampilkan navigasi, hiburan dan aplikasi lainnya ke dalam mobil.

Beberapa produsen otomotif berupaya mengembangkan platform miliknya, sementara produsen lainnya mempertimbangkan platform seperti Apple iOS atau QNX milik BlackBerry. Namun pengumuman pada Senin terlihat menempatkan Google dan Android berada di posisi pengemudi.

“Jutaan orang sudah akrab dengan Android dan menggunakannya setiap hari,” ujar wakil presiden Google Sundar Pichai.

“Ekspansi dari platform Android ke dalam sektor otomotif akan memungkinkan mitra industri kami untuk lebih mudah mengintegrasikan teknologi mobile ke dalam mobil dan menawarkan pengemudi sebuah pengalaman yang akrab dan lancar sehingga mereka bisa fokus di jalan.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home