Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Rabu, 17 Juli 2024

Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, NTT, Erupsi Setinggi 1.000 Meter

Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki pada hari Senin, (15/7/2024), pukul 06:37 WITA tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 663 detik. (Foto: PVMBG via Antara)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM-Petugas Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), melaporkan terjadi satu kali letusan atau erupsi dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di puncak gunung tersebut.

“Terjadi satu kali erupsi dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di puncak gunung,” kata Penyusun laporan perkembangan erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Emanuel Rofinus Bere, dalam keterangan di Kupang, hari Senin (15/7), terkait perkembangan erupsi gunung tersebut yang masih cukup tinggi.

Dia menjelaskan erupsi sebanyak satu kali tersebut aplitudonya mencapai 37 milimeter dan durasi lama getaran mencapai 663 detik.

Gunung Lewotobi Laki Laki, kata dia, jelas terlihat dengan kabut 0-1. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi. “Letusan yang terjadi juga warna asapnya kelabu,” ucapnya.

Selain itu aliran lava ke arah Timur Laut sejauh 4.340 meter juga masih terjadi dari pusat erupsi gunung tersebut, sehingga sampai saat ini status gunung tersebut masih berada pada Level III atau Siaga.

Karena itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki Laki, termasuk pengunjung atau wisatawan, tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan, serta empat kilometer arah sektoral Utara - Timur laut dan lima kilometer pada sektor Timur Laut dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki Laki.

Masyarakat juga diimbau agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Pemda, lanjutnya, diharapkan juga senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, atau PVMBG, Badan Geologi di Bandung. (dengan Antara)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home