Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 13:50 WIB | Senin, 04 Mei 2015

Hampir 3.700 Imigran Diselamatkan di Mediterania

Para penyelundup manusia memaksa pendatang berdesakan sampai melebihi kapasitas kapal atau perahu. (Foto: bbc.co.uk)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Penjaga pantai Italia berusaha menyelamatkan lebih banyak imigran di Mediterania, pada Minggu (3/5) setelah hampir 3.700 orang diselamatkan pada Sabtu (2/5) setelah mereka berusaha mencapai Eropa.

Meskipun bukan rekor, jumlah tersebut dianggap sebagai salah satu yang tertinggi yang pernah tercatat dalam satu hari, dan menimbulkan kekhawatiran bahwa gelombang imigran yang berusaha mencapai Eropa tidak berkurang meski terjadi bencana baru-baru ini.

Penjaga pantai Italia mengatakan 3.690 migran diselamatkan pada Sabtu tanpa memberikan rincian dari operasi yang sedang berlangsung pada Minggu. 

Sebelumnya, penyelamatan 3.791 imigran dikoordinasikan pada 12 April dan 2.850 lainnya pada hari berikutnya.

Video yang dirilis oleh penjaga pantai menunjukkan para imigran berdesakan di atas perahu kecil yang dicegat pada Sabtu. Mereka kemudian terlihat memanjat ke atas kapal penyelamat.

Penjaga pantai terlihat mengenakan pakaian pelindung berwarna putih dan penutup wajah.

Operasi yang dilakukan pada Sabtu di Mediterania melibatkan empat kapal penjaga pantai Italia, dua kapal angkatan laut dan dua perahu Italia, serta empat kapal kargo dan kapal penarik.

Kapal fregat Bersagliere Italia mengangkut 778 imigran sedangkan kapal patroli Vega mengangkut 675 lainnya dari air.

Kapal patroli Commandant Birot Prancis, yang dikirim pekan lalu untuk meningkatkan patroli Operation Triton UE menangani influks kapal imigran, juga mengangkut 219 orang dari lepas pantai Libya pada Sabtu. (AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home