Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 05:42 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Hari Pahlawan, Presiden Ajak Isi Kemerdekaan dengan Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara memimpin ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Jumat, 10 November 2023. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak mencanangkan tekad mengisi kemerdekaan dengan semangat memerangi kemiskinan dan memberantas kebodohan.

"Kita kembali memancangkan tekad mengisi kemerdekaan itu dengan kerja keras dan semangat tinggi untuk memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan, dan bersama menyongsong kemajuan Indonesia," kata Jokowi.

Presiden menyampaikan di Hari Pahlawan Nasional 10 November, bangsa Indonesia mengenang dalam-dalam pahlawan yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan taruhan nyawa, bermandikan darah, bersimbah peluh, dan berurai air mata.

Pada Jumat pagi Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional untuk memperingati Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Kolonel Penerbang Puguh Yulianto selaku komandan upacara.

Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Presiden.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi para arwah pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Setelah itu, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Selepas rangkaian upacara peringatan, Presiden bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi sejumlah jajaran terkait meninggalkan tempat upacara untuk melaksanakan tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadi Kusuma, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga dan pahlawan tidak dikenal.

Turut hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home