Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:55 WIB | Kamis, 29 Februari 2024

Hizbullah Lebanon Akan Hentikan Tembakan ke Israel, Jika Hamas Setujui Gencatan Senjata

Asap mengepul menyusul serangan udara Israel yang menargetkan daerah antara desa Ramia dan Marwahin di perbatasan Lebanon pada 21 Februari 2024. Gerakan Hizbullah yang didukung Iran dan musuh bebuyutan Israel, hampir setiap hari saling baku tembak melintasi perbatasan sejak serangan tersebut. Perang Israel-Hamas pecah pada 7 Oktober. (Foto: dok. AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Hizbullah Lebanon akan menghentikan serangan terhadap Israel jika sekutunya di Palestina, Hamas, menyetujui proposal gencatan senjata dengan Israel di Gaza, kecuali pasukan Israel terus menembaki Lebanon, dua sumber yang mengetahui pemikiran Hizbullah mengatakan pada hari Selasa (27/2).

Hizbullah hampir setiap hari melakukan baku tembak dengan Israel di perbatasan selatan Lebanon sejak 8 Oktober, sehari setelah serangan berdarah Hamas di Israel selatan yang memicu serangan darat, udara dan laut Israel yang sengit di Jalur Gaza.

Gencatan senjata sementara antara Hamas dan Israel untuk memungkinkan pembebasan sandera dan tahanan menyebabkan satu minggu tenang di perbatasan Lebanon-Israel pada akhir November.

Hamas kini mempertimbangkan proposal baru, yang disetujui oleh Israel pada pembicaraan dengan mediator di Paris pekan lalu, untuk kesepakatan yang akan menunda pertempuran selama 40 hari, yang akan menjadi perpanjangan jeda pertama dari perang yang telah berlangsung selama lima bulan.

“Saat Hamas mengumumkan persetujuan gencatan senjata, dan saat gencatan senjata diumumkan, Hizbullah akan mematuhi gencatan senjata tersebut dan akan segera menghentikan operasi di selatan, seperti yang terjadi sebelumnya,” salah satu dari dua sumber yang dekat dengan kelompok tersebut mengatakan.

Namun jika Israel terus menembaki Lebanon, Hizbullah tidak akan ragu untuk melanjutkan pertempuran, kata kedua sumber tersebut. Kantor media Hizbullah tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan awal bulan ini bahwa serangan kelompok tersebut terhadap Israel hanya akan berakhir ketika “agresi” Israel terhadap Gaza berakhir.

Hizbullah adalah salah satu dari beberapa kelompok yang bersekutu dengan Iran di Timur Tengah yang telah terlibat sejak perang Gaza dimulai, melakukan kampanye yang mereka katakan bertujuan untuk mendukung warga Palestina yang dibombardir Israel di Gaza.

Kelompok Houthi di Yaman telah menembaki kapal-kapal di Laut Merah, yang memicu serangan Amerika Serikat terhadap kelompok tersebut, dan kelompok-kelompok Irak yang didukung Iran telah menembaki pasukan AS di pangkalan-pangkalan di Irak, Suriah dan Yordania. Serangan pesawat tak berawak akhir bulan lalu di timur laut Yordania menewaskan tiga tentara AS, yang memicu serangan balasan AS.

Tidak Ada Pembicaraan Sampai Gencatan Senjata di Gaza

Di Lebanon, serangan udara dan rudal Israel telah menewaskan hampir 200 pejuang Hizbullah dan hampir 50 warga sipil. Serangan dari Lebanon ke Israel telah menewaskan belasan tentara Israel dan setengah jumlah warga sipil. Puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan.

Utusan asing telah berupaya untuk mendapatkan resolusi diplomatik atas konflik tersebut, yang mencerminkan kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut.

Awal bulan ini, Prancis menyampaikan proposal tertulis ke Beirut yang bertujuan untuk mengakhiri permusuhan. Kesepakatan tersebut mencakup perundingan untuk menyelesaikan sengketa perbatasan Lebanon-Israel dan penarikan unit elit Hizbullah yang berjarak 10 kilometer (enam mil) dari perbatasan.

Hizbullah menegaskan pihaknya tidak akan membahas kesepakatan apa pun di Lebanon selatan sampai gencatan senjata permanen di Gaza disetujui. Kedua sumber tersebut mengatakan bahwa pendirian ini tidak berubah.

Sumber pertama mengatakan Hizbullah sebelumnya telah menetapkan bahwa tidak akan ada pembicaraan dengan kelompok tersebut sampai gencatan senjata di Gaza selesai, dan mereka tetap pada pendiriannya.

Meskipun permusuhan sebagian besar terbatas pada zona perbatasan, jet tempur Israel pada hari Senin menyerang Lembah Bekaa di Lebanon timur, serangan yang paling luas jangkauannya di Lebanon selama konflik saat ini.

Pada hari Minggu (25/2), Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengindikasikan bahwa Israel berencana untuk meningkatkan serangan terhadap Hizbullah jika terjadi kemungkinan gencatan senjata dalam konflik Gaza. Dia mengatakan tujuannya adalah untuk mengamankan penarikan Hizbullah dari wilayah perbatasan, baik melalui perjanjian diplomatik atau dengan kekerasan. (dengan Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home