Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:37 WIB | Rabu, 13 Desember 2023

Inggris Kirim Kapal Pemburu Ranjau Rusia ke Laut Hitam Ukraina

Kapal kargo Aroyat, membawa gandum Ukraina, transit di Bosphorus di Istanbul, Turki, pada 24 September 2023. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris akan mengirim dua kapal pemburu ranjau Angkatan Laut Kerajaan Inggris ke Ukraina untuk membantu deteksi ranjau Rusia di Laut Hitam dan membantu Kiev memulihkan ekspor maritim, kata pemerintah Inggris pada hari Senin (11/12).

Kemampuan Ukraina untuk memindahkan ekspor melalui laut sangat terkena dampak sejak invasi Presiden Rusia, Vladimir Putin  ke Ukraina pada Februari 2022 dan blokadenya di Laut Hitam.

“Pemburu ranjau ini akan memberikan kemampuan penting ke Ukraina yang akan membantu menyelamatkan nyawa di laut dan membuka rute ekspor penting,” kata Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps.

Pemindahan kapal-kapal tersebut ke angkatan bersenjata Ukraina dilakukan bersamaan dengan Shapps dan mitranya dari Norwegia yang akan meluncurkan inisiatif pertahanan baru pada hari Senin (11/12), Koalisi Kemampuan Maritim.

“Peningkatan kemampuan ini menandai awal dari upaya baru yang dilakukan oleh Inggris, Norwegia, dan sekutu kami untuk memperkuat kemampuan maritim Ukraina,” kata Shapps.

Inisiatif ini akan meningkatkan kemampuan Ukraina untuk mempertahankan kedaulatan perairannya dan meningkatkan keamanan di Laut Hitam, katanya.

Pemindahan tersebut disetujui melalui pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina yang beranggotakan 50 negara.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, telah berulang kali menekankan dukungan “tak tergoyahkan” untuk Ukraina dengan dukungan militer senilai US$ 4,9 miliar yang dialokasikan sejak invasi, kata pemerintah.

Shapps juga diperkirakan akan mengumumkan rincian lebih lanjut mengenai dukungan militer Inggris ke Ukraina pada peluncuran tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home