Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:05 WIB | Sabtu, 26 Oktober 2024

Iran Siap Berperang Dengan Israel, Sembari Siap Hadapi Serangan Rudal

Sebuah rudal 'Fattah' dipamerkan selama parade militer tahunan yang menandai peringatan pecahnya perang Iran tahun 1980-1988 dengan Irak pimpinan Saddam Hussein, di Teheran pada 21 September 2024. (Foto: dok. AFP/Atta Kenare)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Iran bersiap berperang dengan Israel sembari berusaha menghindarinya, menurut laporan media Amerika Serikat, New York Times, yang muncul saat Republik Islam itu menunggu respons Israel atas serangan rudal terbarunya.

"Iran telah memerintahkan angkatan bersenjata untuk bersiap berperang tetapi juga berusaha menghindarinya," kata laporan itu.

Laporan itu mengutip empat pejabat Iran yang mengatakan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei memerintahkan angkatan bersenjata Iran untuk merumuskan sejumlah rencana guna menanggapi pembalasan Israel yang diperkirakan akan terjadi.

Mereka memperingatkan Iran akan menyerang jika terjadi kerusakan atau korban yang signifikan, tetapi mungkin akan menahan diri jika Israel hanya menargetkan sejumlah kecil lokasi militer dan depot senjata.

Para pejabat tersebut — dua di antara mereka berasal dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)— mengatakan bahwa Iran pasti akan menanggapi jika Israel menyerang lokasi minyak, fasilitas nuklir, atau menargetkan pejabat senior, dengan opsi potensial termasuk serangan dengan hingga 1.000 rudal balistik atau mengganggu pasokan energi di wilayah tersebut. (dengan ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home