Loading...
TOPIK PILIHAN
Penulis: Sabar Subekti 11:44 WIB | Selasa, 22 Oktober 2024

Militer Israel: Kepala Keuangan Hizbullah Tewas di Suriah

Layanan darurat dan keamanan Suriah memeriksa reruntuhan mobil yang meledak di Ibu Kota Suriah, Damacus, pada hari Senin, 21 Oktober 2024. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Israel mengatakan pada hari Senin (21/10) bahwa komandan terbaru yang bertanggung jawab untuk mendanai kelompok Hizbullah Lebanon telah "dihilangkan" di Suriah.

Pria tersebut, yang namanya tidak disebutkan, mengepalai Unit 4400 Hizbullah yang didukung Iran yang "bertanggung jawab atas transfer dan jumlah dana" kepada kelompok tersebut melalui penjualan minyak Teheran, kata juru bicara militer, Laksamana Muda Daniel Hagari, dalam sebuah pernyataan.

Komandan tersebut "dihilangkan" di Suriah "beberapa jam yang lalu", tambahnya.

Unit tersebut sebelumnya dipimpin oleh Mohammed Jafar Ksir, yang juga dikenal sebagai Sheikh Salah, kata Hagari. “Dia mengelola sumber pendapatan utama organisasi teroris selama bertahun-tahun, hingga kami menghabisinya dalam serangan terarah di ibu kota (Beirut) pada awal Oktober,” katanya.

Sebelumnya pada hari Senin, Kementerian Pertahanan Suriah mengumumkan tewasnya dua orang dalam serangan yang dikaitkan dengan Israel dan menargetkan sebuah mobil di Damaskus.

Syrian Observatory for Human Rights melaporkan bahwa serangan tersebut menargetkan seorang pria non Suriah yang sedang mengendarai mobilnya di lingkungan tempat diadakannya upacara peringatan untuk pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, yang dibunuh oleh Israel pekan lalu di Gaza.

Unit 4400 ditugaskan untuk mengangkut minyak Iran ke Suriah, yang kemudian dijual di Lebanon. Nilainya “sekitar puluhan juta dolar”, kata Hagari.

Sekutu Hamas, Hizbullah, telah menembakkan roket setiap hari ke Israel utara untuk mendukung gerakan Palestina sejak perang tersebut dipicu oleh serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 terhadap Israel.

Israel, yang telah melancarkan serangan darat selama hampir sebulan untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan utaranya, dalam beberapa hari terakhir telah meningkatkan upayanya untuk menyerang keuangan kelompok yang didukung Iran tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home