Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:03 WIB | Rabu, 15 November 2023

IRGC: Perang Israel-Hamas di Gaza, Kemungkinan Meluas ke Lebanon

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, dan Komandan Pasukan Dirgantara IRGC, Amir Ali Hajizadeh, berjalan saat peluncuran rudal "Kheibarshekan" di lokasi yang dirahasiakan di Iran, dalam gambar yang diperoleh pada 9 Februari 2022. (Foto: dok. Reuters)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Perang Israel melawan kelompok militan Palestina, Hamas, yang terjadi di Jalur Gaza telah meluas ke negara tetangganya, Lebanon, dan kemungkinan akan meluas ke Timur Tengah yang lebih luas, kata kepala Pasukan Dirgantara Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran pada hari Senin (13/11).

“Hari ini, kita dapat melihat bahwa perang telah meluas, dan Lebanon terlibat di dalamnya,” kantor berita semi-resmi Tasnim mengutip pernyataan Amir Ali Hajizadeh.

Ketegangan terus meningkat di utara perbatasan Israel, dengan serangan oleh milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran melancarkan serangan rutin yang menargetkan situs-situs Israel dan militer Israel membalas tembakan.

Hajizadeh menambahkan: “Kemungkinan besar bentrokan akan semakin besar. Masa depan tidak jelas, meskipun Iran siap menghadapi segala kondisi.”

Ketika ditanya tentang ancaman Amerika Serikat terhadap Iran, Hajizadeh mengatakan: “AS tidak mengancam Iran… Iran tidak dalam posisi di mana siapa pun akan berusaha mengancamnya, karena kami saat ini berada di puncak kekuatan militer kami.”

AS pada hari Minggu (12/11) melancarkan serangan militer yang menargetkan IRGC dan fasilitas yang berafiliasi dengan Iran di Suriah yang merupakan respons terbaru terhadap serangkaian serangan terhadap pasukan AS di Suriah dan Irak di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut karena perang yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas.

Menteri Pertahanan AS, Llyod Austin ,mengatakan pada hari Minggu: “Pasukan militer AS melakukan serangan presisi… terhadap fasilitas di Suriah timur yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok yang berafiliasi dengan Iran sebagai tanggapan atas serangan berkelanjutan terhadap personel AS di Irak dan Suriah. Serangan tersebut dilakukan terhadap fasilitas pelatihan dan rumah persembunyian di dekat kota Abu Kamal dan Mayadin.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home