Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:35 WIB | Selasa, 31 Oktober 2023

ISIS Serang Klub Olah Raga di Lingkungan Syiah Kabul, Empat Tewas

ISIS menyerang dengan bom pada sebuah klub olah raga pada hari Kamis (26/10) malam di wilayah Kabul barat yang merupakan wilayah komunitas Islam Syiah, empat tewas dan tujuh luka-luka. (Foto: AP/Ebrahim Noroozi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Kelompok ISIS (Negara Islam Israk dan Suriah) mengaku bertanggung jawab atas ledakan di lingkungan Muslim Syiah di ibu kota Afghanistan yang menewaskan sedikitnya empat orang.

Tujuh orang lainnya terluka parah dalam serangan pada hari Kamis (26/10) malam, menurut Khalid Zadran, juru bicara kepala polisi kota Kabul, Afghanistan.

Afiliasi ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan hari Jumat (27/10) malam melalui kantor beritanya Aamaq, mengatakan bahwa mereka “berhasil meninggalkan koper jebakan” di dalam tempat berkumpulnya Syiah yang meledak, menewaskan dan melukai sekitar 35 orang dan menimbulkan kerusakan parah di wilayah tersebut, sebuah klub olah raga.

Video yang diambil setelah ledakan menunjukkan bagian bangunan dengan jendela pecah dan api di dalamnya. Pecahan kaca dan puing-puing lainnya berserakan di jalan di bawah.

Skala kerusakan terlihat lebih jelas pada hari Jumat pagi. Ada kawah di tanah dan sebagian besar bagian dalamnya hancur. Para pekerja mencari-cari sarung tinju dan peralatan olah raga di lantai yang berlumuran darah.

Daerah Dashti Barchi di Kabul telah berulang kali menjadi sasaran kelompok afiliasi ISIS di negara tersebut, yang telah melakukan serangan besar-besaran terhadap sekolah, rumah sakit, dan masjid. Kelompok ini juga menyerang wilayah Syiah lainnya di Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir.

ISIS telah melancarkan kampanye kekerasan sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home