Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:25 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

ISIS: Warga AS Pelaku Bom Bunuh Diri di Irak

Ilustrasi wilayah yang dikuasai ISIS. (Foto: Shutterstock)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Kelompok jihad Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengatakan pada hari Rabu (19/8) bahwa seorang warga Amerika merupakan salah satu di antara empat pelaku bom bunuh diri yang melakukan serangan terhadap pasukan keamanan Irak di daerah Baiji utara Baghdad.

ISIS, yang telah berjuang melawan pasukan Irak untuk menguasai Baiji selama berbulan-bulan, mengatakan dalam sebuah pernyataan online bahwa "Abu Abdullah al-Amriki" meledakkan sebuah kendaraan roda empat yang berisi bom dekat kota tersebut.

Tiga penyerang lainnya - dua warga Tajikistan dan satu warga Irak - meledakkan kendaraan lainnya yang berisi bahan peledak di daerah Baiji, kata kelompok jihad tanpa menyebutkan kapan serangan itu terjadi.

ISIS telah menarik ribuan orang asing, termasuk dari Eropa dan Amerika Serikat.

Kelompok jihad mengatakan warga AS lainnya juga melakukan pemboman bunuh diri terhadap pasukan Irak yang berjuang untuk merebut kembali kota Tikrit awal tahun ini.

ISIS melancarkan serangan mematikan pada bulan Juni 2014, memukul mundur pasukan keamanan dan menduduki sekitar sepertiga wilayah negara tersebut.

Pasukan Baghdad sejak saat itu meraih keunggulan signifikan di sebelah utara ibu kota tersebut dari ISIS, namun sebagian besar wilayah Irak barat masih di luar kendali pemerintah.(news24.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home