Loading...
ANALISIS
Penulis: Sabar Subekti 05:55 WIB | Sabtu, 28 September 2024

Israel Incar Gudang Senjata dan Jaringan Bawah Tanah Hizbullah

Keberadaan senjata dan jaringan bawah tanag Hizbullah dilihat sebagai ancaman besar bagi Israel.
Israel Incar Gudang Senjata dan Jaringan Bawah Tanah Hizbullah
Seorang anggota Hizbullah membawa senjata yang menurut sumber yang mengetahui gudang senjatanya digunakan untuk melawan pesawat nirawak, selama prosesi keagamaan untuk memperingati Ashura di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, 17 Juli 2024. (Reuters)
Israel Incar Gudang Senjata dan Jaringan Bawah Tanah Hizbullah
Pejuang Hizbullah Lebanon beristirahat di belakang truk pikap dengan senjata terpasang di Khashaat, di wilayah Qalamoun dalam foto arsip ini. (Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Dengan jaringan terowongan bawah tanah yang sangat besar dan gudang senjata yang luas, kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon menimbulkan "ancaman besar" bagi Israel, meskipun Mossad terkenal memiliki taktik intelijen yang canggih, kata para ahli  dikuti Al Arabiya.

Pada hari Senin (23/9), Israel memperluas serangan udaranya terhadap apa yang disebutnya sebagai target Hizbullah di wilayah selatan dan timur Lebanon. Kelompok bersenjata itu pada hari Rabu (25/9) mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan roket yang ditujukan ke apa yang mereka klaim sebagai markas besar badan mata-mata Mossad di dekat Tel Aviv.

Kelompok itu menuduh Mossad mengatur pembunuhan para pemimpinnya dan menyabotase peralatan komunikasi yang digunakan oleh para anggotanya setelah ledakan pager dan walkie talkie massal di seluruh Lebanon minggu lalu.

Insiden-insiden ini telah menandai peningkatan ketegangan yang signifikan antara kedua musuh bebuyutan ini, meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik yang telah berlangsung hampir setahun ini dapat meningkat lebih jauh, mengancam stabilitas di Timur Tengah yang lebih luas, tempat perang antara Hamas dan Israel telah berkecamuk di Gaza.

Boaz Shapira, seorang peneliti di Alma, sebuah lembaga pemikir Israel yang mengkhususkan diri pada Hizbullah, mengatakan bahwa Israel belum menargetkan sebagian besar susunan strategis Hizbullah.

"Ini termasuk roket jarak jauh, rudal berpemandu presisi, UAV, rudal jelajah, sistem anti pesawat, rudal anti kapal, dan sebagainya," kata Shapira. "Juga, Israel belum melakukan serangan signifikan di Beirut terhadap target-target Hizbullah (ada banyak roket jarak jauh, rudal berpemandu presisi, dan markas besar).

Selain itu, sebagian besar personel Hizbullah yang menjadi target sejauh ini berasal dari sayap militer."

Kemungkinan Eskalasi Lebih Lanjut

Namun, Shapira mengatakan eskalasi lebih lanjut mungkin terjadi dan "dapat mencakup personel dari cabang 'sipil' seperti anggota dewan Syura, anggota parlemen, orang-orang yang terkait dengan sistem perbankan, kesehatan, dan pendidikan Hizbullah, dll."

Dia memperingatkan bahwa eskalasi lain yang mungkin terjadi adalah penargetan infrastruktur sipil yang digunakan oleh Hizbullah "seperti bandara Beirut, pelabuhan laut, pembangkit listrik."

Menurut militer Israel pada hari Selasa (24/9), puluhan target Hizbullah diserang selama operasi semalam. Serangan ini menyusul serangan udara sebelumnya terhadap kelompok tersebut yang, menurut pejabat Lebanon, menewaskan sedikitnya 558 orang dan memaksa puluhan ribu lainnya meninggalkan rumah mereka.

Shapira mengatakan, jelas dari "jumlah sumber daya yang dikerahkan ke arena Lebanon dalam dua dekade terakhir, yang memungkinkan Israel memperoleh informasi intelijen yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang Hizbullah" bahwa Israel tidak "meremehkan" ancaman kelompok bersenjata tersebut, yang dianggap sebagai salah satu milisi non negara yang paling bersenjata lengkap di dunia.

Menurut peneliti tersebut, sementara tentara Israel mengikuti rencana tertentu, “Hizbullah menimbulkan ancaman serius bagi Israel” dan masih banyak yang perlu dilakukan untuk menyingkirkan ancaman tersebut.

“Setiap komandan, markas besar, rudal, roket, dan UAV yang disingkirkan sekarang akan membuat posisi Israel lebih baik di masa mendatang, baik itu invasi darat atau solusi diplomatik,” kata Shapira. “Lebih sedikit aset Hizbullah akan menimbulkan lebih sedikit ancaman bagi warga sipil Israel tetapi juga akan membuat manuver darat lebih mudah.”

Matthew Savill, direktur ilmu militer di Royal United Services Institute (RUSI), mengatakan kepada bahwa menurut dia “Israel sangat menyadari risiko meremehkan Hizbullah” mengingat kenangan Perang Lebanon 2006, dan “tampaknya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun membangun mesin pengumpulan dan analisis intelijen yang canggih untuk mencoba dan memetakan keseluruhan ancaman Hizbullah.”

“Kita dapat melihat ini dari sejauh mana mereka mampu menembus Hizbullah untuk melakukan serangan ‘pager’, dan kecepatan mereka menargetkan peluncur roket dan lokasi penyimpanan rudal, bersama dengan skala besar serangan udara yang diluncurkan dalam empat hari terakhir saja. Meskipun demikian, persenjataan Hizbullah dipahami sangat luas, dan sebagian besarnya terkubur/tersimpan di tempat yang jauh lebih sulit diserang (meskipun ini tidak berarti semuanya dapat digunakan, dan masih harus diekspos untuk diluncurkan),” katanya dikutip Al Arabiya.

Raphael S. Cohen, ilmuwan politik senior dan direktur Program Strategi & Doktrin di Project AIR FORCE RAND, menggambarkan Hizbullah sebagai “kekuatan yang tangguh.”

“Di pihak Hizbullah, saya memperkirakan kelompok itu akan melakukan lebih banyak serangan ke Tel Aviv dan Israel tengah,” katanya.

“Roket sebelumnya hari ini hanya satu—bukan satu tembakan—jadi kemungkinan lebih merupakan peringatan. Dugaan saya adalah kelompok itu kemungkinan akan meningkatkan serangannya dari sana. Sebaliknya, Israel telah memberi sinyal bahwa meskipun tindakan ini masih kurang diinginkan, mereka akan menggunakan opsi darat, kecuali Hizbullah setuju dengan gencatan senjata yang memungkinkan warga Israel untuk kembali ke rumah mereka di Israel utara.”

Cohen mengatakan dia tidak berpikir orang Israel akan pernah meremehkan Hizbullah. “Sejak perang Lebanon 2006, sebagian besar pejabat keamanan Israel yang saya wawancarai selama bertahun-tahun menganggapnya sebagai musuh militer yang tangguh,” katanya. “Dan sebagian alasan mengapa Israel menggunakan taktik militer yang canggih ini—mulai dari serangan pager hingga penargetan tepat terhadap militan senior Hizbullah—adalah karena mereka memahami bahwa ini adalah lawan yang tangguh.”

Israel akan memiliki ‘kejutan di balik lengan bajunya’ Menurut Shapira, tampaknya Israel telah mempersiapkan diri untuk berperang dengan Hizbullah dan kemungkinan memiliki "lebih banyak kejutan yang tersembunyi," termasuk invasi darat.

"(Invasi darat) adalah pilihan yang sangat realistis – meskipun tampaknya AS dan negara-negara lain sangat takut dengan skenario itu," katanya. "Alasan utama untuk kemungkinan manuver darat adalah bahwa Hizbullah telah berulang kali menyatakan bahwa mereka tidak akan berhenti menyerang Israel selama Israel beroperasi di Gaza."

"Tujuan Israel adalah untuk membawa pulang, dengan aman, lebih dari 60.000 warga sipil yang harus meninggalkan rumah mereka karena serangan Hizbullah mulai dari 8 Oktober. Ancaman yang ditimbulkan Hizbullah bukanlah sesuatu yang dapat diterima Israel, dan jika Hizbullah tidak menyingkirkan ancaman ini, Israel tidak punya pilihan selain melakukannya sendiri."

Savill yakin Israel akan mencoba dan mengurangi perlunya invasi darat. “Saya akan mengatakan bahwa jika Israel ingin mengurangi ancaman terhadap Israel utara, serangan darat diperlukan (ini tidak akan dapat memperoleh roket balistik dan jarak jauh, yang dapat diluncurkan dari utara Litani). Namun dari tampilan gelombang serangan udara saat ini, mereka mencoba untuk menyerang Hizbullah dengan cukup keras untuk mengurangi kebutuhan operasi di darat – yang akan sulit dan berdarah, mengingat persiapan Hizbullah untuk bertempur sebagai pasukan gerilya. Namun yang sebenarnya, saya tidak tahu.”

Cohen mengatakan bahwa ia yakin Israel tahu bahwa serangan darat ke Lebanon akan berdarah - dan merupakan urusan yang panjang. “Jadi jika dapat menghindari operasi semacam itu, Israel akan mencobanya. Meskipun demikian, Israel mungkin akan memilih opsi darat, jika ia berpikir bahwa perang darat adalah satu-satunya pilihan untuk menghentikan penembakan di Israel utara dan untuk mendorong Hizbullah kembali ke Sungai Litani sesuai dengan resolusi DK PBB 1701.”

Medan Lebanon Yang Menantang Merupakan Ancaman

Namun, Shapira juga memperingatkan bahwa Hizbullah memiliki keuntungan strategis jika terjadi invasi darat karena medan Lebanon yang “menantang” yang akan menimbulkan kesulitan bagi pasukan penyerang mana pun.

“Medan di Lebanon sangat menantang. Daerahnya sangat bergunung-gunung, dengan vegetasi yang lebat dan populasi yang tidak terlalu padat seperti di Gaza,” kata Shapira. “Juga, musim dingin di Lebanon merupakan faktor penting lainnya. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah dukungan yang diperoleh Hizbullah dari populasi Syiah di Lebanon selatan. IDF memperkirakan bahwa satu dari tiga rumah digunakan oleh Hizbullah.”

Persenjataan Hizbullah

Dengan dugaan simpanan roket, rudal jarak menengah, rudal jarak jauh, rudal balistik, dan pesawat tanpa awak, “persenjataan Hizbullah juga menimbulkan ancaman serius bagi Israel,” kata Shapira.

“Persenjataannya sangat beragam; beberapa di antaranya tepat sasaran, dan ada rudal tertentu, seperti Scud, dengan jangkauan yang mencakup seluruh Israel,” tambahnya.

Dalam kasus perang habis-habisan dengan Hizbullah, ia mengatakan dapat diperkirakan bahwa kelompok bersenjata itu akan menargetkan kota-kota, infrastruktur sipil, fasilitas dan infrastruktur energi – seperti pembangkit listrik, rig gas, dan pabrik desalinasi air – untuk mendapatkan keunggulan.

Namun salah satu tantangan utama yang ditimbulkan oleh taktik Hizbullah adalah penggunaan perisai manusia – seperti yang dilakukan Hamas di Gaza – kata Shapira.

“Hizbullah juga menempatkan banyak senjatanya di dalam area permukiman, secara harfiah di rumah-rumah tempat orang tinggal,” kata Shapira, menambahkan bahwa beberapa rumah ini menjadi sasaran serangan Israel baru-baru ini.

Cohen menggambarkan persenjataan Hizbullah sebagai “mengkhawatirkan”. “Bahkan lebih besar daripada yang dilakukan Hamas di Gaza, Hizbullah memiliki kesempatan untuk mempersiapkan pertahanannya di Lebanon selatan untuk mencakup terowongan dan infrastruktur bawah tanah lainnya. Dan perkiraan terbuka menunjukkan bahwa Israel memiliki persenjataan roket setidaknya lima kali lebih besar daripada yang dimiliki Hamas sebelum 7 Oktober.”

Penangkalan Israel dalam Proses Remisi

Menurut direktur Program Timur Tengah di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington, DC, beberapa anggota lembaga pertahanan Israel merasa “penangkalan Israel telah dalam proses remisi.”

Dalam komentar yang disampaikan pekan ini, Jon B. Alterman mengatakan ada banyak orang di lembaga pertahanan Israel “yang merasa bahwa sudah terlalu lama sejak Israel memberi Hizbullah pukulan serius… Mereka merasa bahwa penangkalan Israel telah dalam remisi karena negara telah terlalu terukur dalam tanggapannya terhadap penembakan Hizbullah terhadap komunitas di utara Israel sejak 7 Oktober.”

Ia juga menggambarkan Hizbullah sebagai milisi bersenjata yang kebal terhadap pemerintahan negara.

“Banyak negara akan menganggapnya tidak dapat diterima jika mereka memiliki milisi bersenjata di seberang perbatasan yang menembaki suatu daerah dan mencegah puluhan ribu warga tinggal di sana. Dari sudut pandang Israel, jika pemerintah Lebanon tidak dapat mengendalikan Hizbullah, maka Israel akan melakukannya,” katanya.

Mengenai intervensi global untuk menghentikan perang habis-habisan, Alterman mengatakan, bagi AS, “mengurangi kemampuan Hizbullah bukanlah hal yang buruk.” Tantangannya adalah memastikan bahwa eskalasi ini tidak akan menjerumuskan seluruh kawasan ke dalam perang.

Bukan Perang Israel dengan Lebanon, Tapi Hizbullah dan Iran

Menurut pakar, AS "kemungkinan akan mencoba memberikan tekanan pada Israel pekan depan" jika eskalasi tetap dalam "parameter yang dapat dikelola." Namun, "dari sudut pandang Israel, mereka dapat bertindak dengan impunitas relative pekan ini."

"Menjelang akhir pekan, kemungkinan akan ada eskalasi berkelanjutan dalam tindakan Israel, meskipun kecil kemungkinan situasi akan berubah menjadi perang habis-habisan sebelum itu."

Pada akhirnya, menurut Shapira, situasinya "sederhana."

"Di satu sisi, Anda memiliki organisasi teroris yang siap menghancurkan Israel dan membunuh warga sipilnya, dan di sisi lain, ada Israel yang mencoba mencegahnya," katanya dikutip Al Arabiya. "Hizbullah dan Iran mengambil alih Lebanon, menyandera penduduknya," tambahnya.

"Mereka memanfaatkan kondisi negara yang buruk untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan menguasainya sepenuhnya. Israel tidak berperang dengan Lebanon atau penduduk Lebanon, tetapi dengan Hizbullah dan Iran.”

“Hizbullah menyerang Israel tanpa alasan pada tanggal 8 Oktober dan sejak itu, selama lebih dari 11 bulan, terus meluncurkan rudal dan roket ke Israel setiap hari.” Hizbullah bersikeras tidak akan menghentikan serangan lintas batas terhadap Israel kecuali perangnya di Gaza berakhir.

Akibat serangan lintas batas ini, Israel mengevakuasi lebih dari 60.000 orang dari rumah mereka, kata Shapira. “Mereka meninggalkan tempat kerja, sekolah, dan teman-teman mereka dan menunggu solusi untuk situasi yang akan memastikan mereka dapat kembali ke rumah dan merasa aman.”

“Solusi paling sederhana adalah Hizbullah akan menerima resolusi PBB 1701 dan mundur ke utara sungai Litani.”

Sejak Israel meningkatkan serangan udaranya pada hari Senin (23/9) di berbagai wilayah Lebanon di selatan dan timur, ribuan warga telah mengungsi secara paksa. (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home