Loading...
ANALISIS
Penulis: Sabar Subekti 15:01 WIB | Minggu, 29 September 2024

Hizbullah Pernah Kehilangan Pemimpin, Akankah Berhasil Tanpa Nasrallah?

Para ahli mengatakan kematian pemimpin teror itu akan memperburuk situasi yang sudah menegangkan bagi kelompok yang dilanda serangan berulang-ulang oleh IDF.
Pemimpin Hizbullah Sheik Hassan Nasrallah, berbicara kepada khalayak ramai dalam penampilan publik yang langka selama Ashura, yang menandai kematian Imam Hussein dari Syiah Islam, di pinggiran kota Beirut, Kamis, 14 November 2013. (Foto: dok. AP/Bilal Hussein)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, akan menjadi pukulan telak bagi kelompok teror Lebanon yang didukung Iran yang telah dipimpinnya selama 32 tahun, kata para analis setelah Israel menargetkannya dalam sebuah serangan udara.

IDF mengonfirmasi pada Sabtu (28/9) pagi bahwa Nasrallah terbunuh, mengakhiri ketidakpastian selama berjam-jam mengenai nasibnya. Seorang pejabat Israel mengatakan kepada The Times of Israel pada Jumat (27/9) malam bahwa kecil kemungkinan Nasrallah selamat dari serangan itu.

Menggantikan Nasrallah akan menjadi tantangan yang lebih besar sekarang daripada sebelumnya selama bertahun-tahun, setelah serangkaian serangan Israel baru-baru ini yang telah menewaskan komandan tinggi Hizbullah dan menimbulkan pertanyaan mengenai keamanan internalnya.

“Seluruh lanskap akan berubah drastis,” kata Mohanad Hage Ali, wakil direktur penelitian Carnegie Middle East Center di Beirut, berbicara sebelum kematian Nasrallah dikonfirmasi.

“Dia telah menjadi perekat yang menyatukan organisasi yang berkembang,” kata Hage Ali.

Hizbullah, yang dibentuk oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran pada awal 1980-an untuk memerangi Israel, juga merupakan gerakan sosial, agama, dan politik utama bagi Muslim Syiah Lebanon, dengan Nasrallah sebagai pusatnya.

“Dia menjadi tokoh legendaris bagi Syiah Lebanon,” kata Hage Ali.

Nasrallah menjadi pemimpin Hizbullah ketika Israel membunuh pendahulunya, dan dia terus-menerus berisiko dibunuh sejak saat itu.

“Anda membunuh satu orang, mereka mendapatkan yang baru,” kata seorang diplomat Eropa tentang pendekatan kelompok tersebut.

Namun, di tengah serangkaian keberhasilan Israel yang tiba-tiba dalam perangnya melawan Hizbullah dan serangan udara yang gencar, kematiannya sangat memperburuk momen yang sudah menegangkan bagi kelompok teror tersebut.

“Hizbullah tidak akan runtuh jika Nasrallah terbunuh atau tidak berdaya, tetapi ini akan menjadi pukulan telak bagi moral kelompok tersebut. Ini juga akan menggarisbawahi keamanan dan superioritas serta akses militer Israel,” kata Lina Khatib, seorang peneliti di lembaga kebijakan Chatham House di London, yang juga berbicara sebelum kematian Nasrallah dikonfirmasi oleh Israel.

Dampak kematian Nasrallah terhadap kemampuan militer Hizbullah juga tidak jelas. Israel dan Hizbullah telah saling tembak selama setahun di perbatasan Lebanon dalam konflik terburuk mereka sejak 2006. Hizbullah mulai menembaki Israel pada 8 Oktober, sehari setelah Hamas membantai sekitar 1.200 orang dan menyandera 251 orang dalam serangan brutal di Israel selatan.

“Israel ingin menerjemahkan tekanan ini menjadi status quo baru di mana wilayah utaranya aman, tetapi ini tidak akan terjadi dengan cepat bahkan jika Nasrallah disingkirkan,” kata Khatib.

Hizbullah mengklaim beberapa serangan roket terhadap Israel beberapa jam setelah serangan Beirut dalam apa yang menurut para analis merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa mereka masih dapat melakukan operasi semacam itu setelah Israel menargetkan pusat komando Hizbullah.

"Israel telah menyatakan perang. Ini adalah perang skala penuh, dan Israel menggunakan kesempatan ini untuk menghilangkan struktur kepemimpinan dan menghancurkan infrastruktur Hizbullah," kata Fawaz Gerges, profesor hubungan internasional di London School of Economics.

"Mereka menghancurkan kekuatan Hizbullah. Tidak perlu membunuh setiap anggota Hizbullah, tetapi jika Anda menghancurkan struktur tempurnya dan memaksa mereka untuk menyerah. Mereka akan kehilangan kredibilitas," kata Gerges.

Penerus Nasrallah

Seorang pemimpin baru harus dapat diterima di dalam organisasi di Lebanon tetapi juga oleh para pendukungnya di Iran, kata Philip Smyth, seorang ahli kelompok bersenjata Syiah.

Orang yang secara luas dianggap sebagai pewaris Nasrallah, Hashem Safieddine, masih hidup setelah serangan hari Jumat (27/9), menurut sumber yang dekat dengan Hizbullah.

Safieddine, yang mengawasi urusan politik Hizbullah dan duduk di Dewan Jihad kelompok tersebut, adalah sepupu Nasrallah dan seperti dia, dia adalah seorang ulama yang mengenakan sorban hitam yang menunjukkan garis keturunan dari Nabi Muhammad.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menetapkan Safieddine sebagai teroris pada tahun 2017 dan pada bulan Juni dia mengancam akan melakukan eskalasi besar terhadap Israel setelah terbunuhnya komandan Hizbullah lainnya. "Biarkan (musuh) mempersiapkan diri untuk menangis dan meratap," katanya di pemakaman.

Nasrallah "mulai menyesuaikan posisi untuknya di berbagai dewan yang berbeda di Hizbullah Lebanon. Beberapa di antaranya lebih tertutup daripada yang lain. Mereka menyuruhnya datang, keluar, dan berbicara," kata Smyth.

Hubungan keluarga Safieddine dan kemiripan fisiknya dengan Nasrallah serta status agamanya sebagai keturunan Muhammad semuanya akan menguntungkannya, kata Smyth. (dengan Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home