Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 05:58 WIB | Senin, 02 September 2013

Jakarta Termasuk 20 Kota Dunia Yang Paling Terancam Banjir

Ada 20 kota dunia berrisiko tertinggi dirusak banjir. (Foto Press TV)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – Sebuah penelitian baru yang dilakukan para peneliti di Inggris telah merilis nama 20 kota yang berada pada risiko tertinggi dirusak banjir.

Para ilmuwan di Universitas Southampton mendaftar kota-kota yang menghadapi kerusakan terburuk akibat banjir dan badai raksasa.

Laporan ini menggambarkan hampir semua kota itu berada di Asia dan Amerika Utara, lima di antaranya berada di Amerika Serikat, menurut Live Science.

Para peneliti mengamati 136 kota pesisir dengan mempehatikan pelbagai kategori termasuk persebaran penduduk, ketinggian, dan perlindungan banjir.

Data yang diperoleh dipelajari bersama dengan memperkirakan kenaikan permukaan laut dan penipisan air tanah.

Hasilnya menunjukkan bahwa Guangzhou, Shenzen, Tianjin, dan Zhanjiang di Cina serta Mumbai, Kolkata, Chennai, dan Surat di India adalah beberapa tempat yang sangat terancam banjir.

Miami, New York, Newark, New Orleans, dan Boston, adalah kota-kota rawan banjir di Amerika Serikat.

Penelitian ini juga memperingatkan orang-orang yang tinggal di kota-kota seperti Guayaquil di Ekuador, Ho Chi Minh di Vietnam, Jakarta di Indonesia, Abidjan di Pantai Gading, dan Bangkok di Thailand.

Pertahanan banjir di kota-kota pesisir dirancang untuk kondisi masa lalu. Penelitian itu mendesak pejabat untuk meningkatkan pengelolaan banjir dan infrastrukturnya.

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home