Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:05 WIB | Selasa, 21 November 2023

Javier Milei, Presiden Terpilih Argentina. Siapa Dia Yang Disebut Libertarian?

Dia dikenal politisi sayap kanan, dan disebut juga "si Gila" dan "si Wig."
Javier Milei, ketika sebagai kandidat presiden dari koalisi Liberty Advances, berbicara di markas kampanyenya setelah pemungutan suara ditutup untuk pemilihan umum di Buenos Aires, Argentina, pada 22 Oktober 2023. (Foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)

BUENOS AIRES, SATUHARAPAN.COM-Banyak penggemarnya menjulukinya sebagai “si gila” dan “si wig” karena keganasan dan gaya rambutnya yang sulit diatur, sementara ia menyebut dirinya sebagai “singa”.

Dia menganggap pendidikan seks adalah rencana Marxis untuk menghancurkan keluarga, memandang anjing mastiff hasil kloningnya sebagai “anak-anak berkaki empat” dan meningkatkan kemungkinan orang diperbolehkan menjual organ vital mereka sendiri.

Dia adalah Javier Milei, presiden Argentina berikutnya yang baru saja memenangkan pemilihan presiden.

Beberapa tahun yang lalu, Milei menjadi pembicara di televisi yang disukai para pemirsa karena pernyataannya yang menentang pengeluaran pemerintah dan kelas politik yang berkuasa meningkatkan rating. Pada saat itu, dan hingga beberapa bulan yang lalu, hampir tidak ada pakar politik yang percaya bahwa ia mempunyai peluang nyata untuk menjadi presiden negara dengan perekonomian terbesar kedua di Amerika Selatan.

Namun Milei, seorang ekonom berusia 53 tahun, telah mengguncang tatanan politik Argentina dan memasukkan dirinya ke dalam sistem dua partai yang telah lama dengan mengumpulkan banyak dukungan terhadap resepnya mengenai langkah-langkah drastis untuk mengendalikan melonjaknya inflasi dan dengan berjanji untuk berperang melawan merayapnya sosialisme di masyarakat.

Libertarian “Anarcho-Capitalis”

Inti dari rencana ekonominya untuk Argentina adalah proposal untuk mengganti mata uang lokal, peso, dengan dolar Amerika Serikat. Dia berulang kali mengatakan satu-satunya cara untuk mengakhiri momok inflasi yang telah mencapai 140% adalah dengan mencegah politisi terus mencetak uang. Karena itu, ia berencana untuk membubarkan Bank Sentral.

Sebagai seorang “anarko-kapitalis,” libertarianisme Milei adalah hal baru bagi Argentina. Ia mendukung pelonggaran undang-undang ketenagakerjaan di negaranya dan mempromosikan visi pemerintahan yang lebih kecil untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini berarti menghilangkan setengah dari kementerian pemerintah, termasuk kesehatan dan pendidikan. Sebagai simbol dari pemotongan besar-besaran yang ia perjuangkan, ia kadang-kadang berkampanye dengan gergaji mesin yang berputar di tangannya.

Mengurangi ukuran negara bagian ini sejalan dengan seruannya agar “kasta politik” dihapuskan dari pemerintahan Argentina, sama seperti mantan Presiden AS, Donald Trump, berbicara tentang “mengeringkan rawa” sehubungan dengan pemerintahan yang sudah mengakar. Milei sering dibandingkan dengan Trump, seorang pemimpin yang dia kagumi secara terbuka.

Sebelum menjadi sorotan publik, Milei adalah kepala ekonom di Corporación America, salah satu konglomerat bisnis terbesar di Argentina yang, antara lain, mengelola sebagian besar bandara di negara tersebut. Dia bekerja di sana hingga tahun 2021, ketika dia memenangkan kursinya sebagai anggota parlemen.

Prajurit Budaya

Milei tidak hanya melihat dirinya sebagai politisi sayap kanan, tetapi juga sebagai pejuang budaya dengan misi mengguncang masyarakat Argentina. Beberapa posisi Milei tampaknya sejalan dengan sikap Partai Republik yang lebih konservatif di AS, sementara retorikanya yang berapi-api dan sarat kata-kata kotor telah mengangkatnya menjadi terkenal dalam perang budaya global yang terkadang membanjiri wacana politik di AS, negara tetangga, Brasil, dan negara lain.

Milei menentang kebijakan feminis dan aborsi, yang dilegalkan Argentina dalam beberapa tahun terakhir, dan telah mengusulkan pemungutan suara untuk mencabut undang-undang tersebut.

Ia juga menolak anggapan bahwa manusia berperan dalam penyebab perubahan iklim. Dalam sebuah penampilan di televisi, ia mengecam Paus Fransiskus, yang berkewarganegaraan Argentina, sebagai “orang bodoh” karena membela keadilan sosial dan menyebut pemimpin Gereja Katolik Roma sebagai “wakil dari kejahatan di Bumi.”

Senada dengan slogan Trump, “Jadikan Amerika Hebat Lagi,” Milei mengatakan dia akan mengembalikan Amerika ke masa kejayaan yang tidak ditentukan.

“Argentina akan merebut kembali tempat di dunia yang seharusnya tidak pernah hilang,” kata Milei pada kampanye kemenangannya pada hari Minggu (19/11). Para pengikutnya menerima perbandingan tersebut, dan sering kali memakai topi bertuliskan “Membuat Argentina Hebat Lagi.”

Kehidupan Pribadi Milei

Putra seorang pengusaha angkutan penumpang dan ibu rumah tangga, ekonom ini tidak suka berbicara banyak tentang masa kecilnya dan mengatakan masa mudanya ditandai dengan hubungan yang tegang dengan ayahnya.

Milei yang lebih muda bermain di band penghormatan Rolling Stones dan bertugas sebagai penjaga gawang di divisi pemuda klub sepak bola Chacarita. Namun dia memutuskan untuk mengesampingkan sepak bola selama periode hiperinflasi di akhir tahun 1980-an untuk belajar ekonomi.

Saat ini, satu-satunya anggota keluarga yang memiliki hubungan dekat dengannya adalah saudara perempuannya, Karina Milei, yang menjalankan kampanyenya. Dia menyebutnya sebagai “bos” dan berulang kali menggambarkannya sebagai arsitek naiknya kekuasaannya.

Dalam kemunculannya yang berulang-ulang di televisi, Milei tidak hanya berbicara tentang ekonomi dan politik. Ia juga mendalami kehidupan pribadinya dan pernah menampilkan dirinya sebagai ahli seks tantra, secara terbuka mendiskusikan bagaimana ia berulang kali berpartisipasi dalam seks berkelompok dan memberikan tips.

Sepanjang masa dewasanya, Milei tidak memiliki pasangan romantis yang serius dan dia tidak diketahui memiliki teman. Setelah berbulan-bulan mengatakan bahwa dia tidak punya waktu untuk berkencan, dia memulai hubungan pada bulan Juli dengan aktris dan artis Fátima Flórez. Dia dikenal karena meniru Wakil Presiden Cristina Fernández de Kirchner, yang menjabat presiden 2007-2015.

Milei memiliki hubungan yang mendalam dengan anjing jenis Mastiff Inggrisnya, Conan, yang telah mati. Dia sekarang memiliki setidaknya empat yang lain yang dilaporkan dikloning menggunakan DNA Conan, yang semuanya diberi nama sesuai nama ekonom.

Meski dia mendapat julukan “si wig”, rambut di kepalanya adalah asli. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home