Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:24 WIB | Senin, 13 Juli 2015

Jelang Lebaran Pemohon STNK Meningkat

Wajib pajak kendaraan melakukan pendaftaran di loket pelayan pajak kendaraan Samsat Kota Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Antaranews/Hafidz Mubarak)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Menjelang lebaran, pertumbuhan kendaraan mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari permohonan pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan baru di Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regiden) Ditlantas Polda Metro Jaya.

Meski tidak terlalu signifikan, namun ada beberapa peningkatan kendaraan baru terutama satu bulan terakhir, sejak Mei hingga Juni 2015.

"Memang mengalami peningkatan, tetapi tidak terlalu signifikan, hanya nol koma sekian persen saja," kata Kasubdit Regiden Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Maulana Hamdan, Minggu (12/5).

Berdasarkan data Subdit Regiden Ditlantas Polda Metro Jaya, kendaraan roda dua (sepeda motor) pada Mei mencapai 13,4 juta unit, sedangkan di bulan Juni 2015, jumlah motor mengalami peningkatan sebanyak 15,5 juta unit atau meningkat sebesar 0,62 persen.

Sementara untuk mobil yang tercatat di bulan Mei 2015 mencapai 4,539 juta unit, dan bulan Juni 2015 sebanyak 4,564 juta unit atau meningkat sebesar 0,55 persen.

AKBP Maulana menegaskan, pertumbuhan kendaraan baru menjelang lebaran ada kecenderungan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Sejumlah warga yang hendak mudik, ada yang memilih untuk membeli kendaraan baru untuk pulang ke kampung halamannya.

Transportasi umum, yang disediakan sebagai angkutan lebaran tidak memenuhi kebutuhan setiap orang yang hendak pulang kampung. Tidak jarang banyak warga Jakarta yang tidak bisa mudik karena sudah kehabisan tiket mudik.

"Tentunya moda transportasi umum akan sangat sibuk untuk mengangkut pemudik, mulai dari kereta, bus, pesawat. Sehingga yang tidak kebagian tiket mudik lebaran, menggunakan kendaraan pribadi. Sebagian ada yang mempersiapkan kendaraan pribadi dengan membeli kendaraan baru," kata  AKBP Maulana. (ntmc-korlantaspolri.com)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home