Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Minggu, 07 Juli 2024

Jepang Gunakan Robot Humanoid untuk Pemeliharaan Kereta Api

Penumpang yang membawa bagasi roda menunggu untuk menaiki kereta peluru Shinkansen di Stasiun Kyoto di Kyoto, Jepang, 1 Oktober 2019. (Foto: dok.Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Ini menyerupai robot jahat dari fiksi ilmiah tahun 1980-an, tetapi karyawan humanoid baru West Japan Railway dirancang dengan tujuan untuk melukis dan berkebun.

Mulai bulan ini, mesin dengan kepala plontos dan mata botol kokas yang dipasang pada truk -- yang dapat berjalan di atas rel -- akan digunakan untuk pekerjaan pemeliharaan pada jaringan perusahaan tersebut.

Operatornya duduk di kokpit truk, “melihat” melalui mata robot melalui kamera dan mengoperasikan anggota tubuh serta tangannya yang kuat dari jarak jauh.

Dengan jangkauan vertikal 12 meter (40 kaki), mesin ini dapat menggunakan berbagai alat tambahan di lengannya untuk membawa benda seberat 40 kilogram (88 pon), memegang kuas untuk mengecat, atau menggunakan gergaji mesin.

Untuk saat ini, tugas utama robot tersebut akan fokus pada memangkas cabang pohon di sepanjang rel dan mengecat bingkai logam yang menahan kabel di atas kereta, kata perusahaan itu.

Teknologi ini akan membantu mengisi kekurangan pekerja di Jepang yang menua serta mengurangi kecelakaan seperti pekerja terjatuh dari tempat tinggi atau tersengat listrik, kata perusahaan tersebut.

“Di masa depan, kami berharap dapat menggunakan mesin untuk semua jenis operasi pemeliharaan infrastruktur kami,” dan hal ini akan memberikan studi kasus tentang cara mengatasi kekurangan tenaga kerja, kata presiden perusahaan Kazuaki Hasegawa pada konferensi pers baru-baru ini. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home