Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:30 WIB | Rabu, 24 Juli 2013

Kafe Soldatenkaffee Dibuka Lagi dengan Tema Perang Dunia II

Kafe Soldatenkaffee dibuka lagi dengan tema Perang Dunia II (foto: istimewa)
BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Kafe bertema Nazi Jerman di Bandung oleh pemiliknya akan dibuka kembali namun dengan tema kafe yang lebih luas yaitu Perang Dunia II tanpa simbol swastika, tapi gambar Adolf Hitler tetap dipertahankan, demikian menurut Rohman Hidayat, pengacara pemilik cafe pada Selasa (23/7) kepada AFP.
 
Sebelumnya Pemilik kafe bertema Nazi telah memutuskan menutup kafe di tengah tekanan kuat terutama dari masyarakat luar negeri, juga munculnya ancaman dibunuh karena dianggap menghasut kebencian rasial.

Henry Mulyana, pemilik kafe Soldatenkaffee itu, pada hari Senin (15/7) sampai harus menemui pemerintah daerah Bandung yang memintanya mengubah nama dan tema kafe beserta segala aksesoris Nazi-nya. Kala itu Mulyana mengatakan sedang mempertimbangkan beberapa pilihan, tapi tidak akan membuka kembali kafe Soldatenkaffee.

Kafe Soldatenkaffee sudah beroperasi sejak tahun 2011, namun karena adanya laporan media yang membahas memorabilia Nazi, termasuk dinding merah dengan potret Adolf Hitler dan bendera dengan lambang swastika, mendorong tanggapan marah dari masyarakat asing dan Indonesia.

Mulyana bersikeras bahwa ia tidak pro-Nazi, menggunakan dekorasi seperti itu hanya untuk menarik pelanggan. (straitstimes)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home