Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:47 WIB | Selasa, 02 Agustus 2016

Kasus Tanjungbalai Mirip Tolikara

Cendekiawan Muslim, Ulil Abshar Abdalla beberapa saat setelah menemui satuharapan.com, hari Senin (1/8) di Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kerusuhan di Tanjungbalai, Sumatera Utara yang melibatkan kelompok kepercayaan dan etnis mayoritas yang melakukan perusakan tempat ibadah pemeluk agama Buddha dan Konghucu hampir mirip dengan kasus di Tolikara, Papua beberapa waktu lalu.

“Kasus Tanjungbalai itu menurut saya  unik karena peristiwa ini ada unsur etnisitas, hampir sama dengan Tolikara,” kata Pendiri Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla kepada satuharapan.com, di Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Jakarta Pusat, hari Senin (1/8).

Ulil menjelaskan kesamaan tersebut karena ada unsur etnis dan ketegangan antarsuku di tempat tersebut selain itu juga ada kesenjangan sosial di konflik tersebut. “Jadi pemerintah harus awas dengan kasus seperti ini,” kata dia.

Kasus Tolikara terjadi saat pelaksanaan Salat Idul Fitri di Karubaga, Kabupaten Tolikaram Provinsi Papua Barat, pada Jumat (17/7) kerusuhan ditandai aksi penyerangan oleh sekelompok massa.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Polisi Patriage, seperti diberitakan Antara, saat salat Idul Fitri tengah berlangsung, jamaah yang sedang salat memilih menghindar dan berlindung.  

Beberapa saat kemudian, dia melanjutkan, sekelompok masyarakat yang berteriak-teriak tersebut langsung menyerang dan melempar sebuah benda ke arah rumah ibadah, hingga membakar beberapa kios yang berada di sekitar tempat tersebut.

Dia mengatakan bila terjadi satu kasus seperti Tanjungbalai dan Tolikara pemerintah seharusnya berbenah diri dan jangan lengah kasus yang sama terulang lagi. “Pemerintah harus tetap memperhatikan masalah-masalah yang dialami saudara-saudara kita Syiah, dan Ahmadiyah,” kata dia.  

Baca Juga

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home