Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:27 WIB | Senin, 18 September 2023

Kelompok Senator Desak Joe Biden Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina

Presiden AS, Joe Biden, berjabat tangan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, setelah mereka berdua menyampaikan pernyataan di Istana Mariinsky dalam kunjungan mendadak di Keiv, Ukraina, Senin, 20 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sekelompok senator Amerika Serikat mengirim surat kepada Presiden Joe Biden yang mendesaknya untuk mengirimkan peluru kendali (Rudal) ATACMS jarak jauh ke militer Ukraina untuk mendukung serangan balasannya terhadap Rusia.

“Kami menulis surat untuk mendesak Anda agar segera mengirim Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 (ATACMS) ke Ukraina. Penundaan tambahan hanya akan semakin melemahkan kepentingan keamanan nasional AS dan memperluas konflik ini,” tulis Senator Partai Republik, Tom Cotton, Roger Wicker, Susan Collins, dan Lindsey Graham dalam suratnya kepada Biden.

Mereka menulis: “Selama berbulan-bulan, para pejabat Ukraina telah menyatakan perlunya ATACMS untuk mengisi kesenjangan kritis dalam kemampuan tembakan jarak jauh. Menyediakan ATACMS akan memungkinkan Ukraina untuk menyerang sasaran logistik dan komunikasi utama Rusia serta lokasi peluncuran Rudal jelajah dan drone di wilayah Ukraina yang diduduki Rusia.”

Ukraina telah lama menginginkan pertahanan udara yang kuat untuk melindungi dari serangan udara Rusia dan mampu membalas tembakan. Pada bulan Agustus, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menekankan bahwa pertahanan Ukraina belum mampu melindungi seluruh wilayahnya dari serangan Rusia.

Juga pada bulan Agustus, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan dia meminta AS untuk memberikan Ukraina Rudal jarak jauh ATACMS melalui panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS.

Para senator menambahkan: “Menyediakan senjata-senjata ini ke Ukraina akan memaksimalkan kemungkinan keberhasilan dalam serangan balasan dan operasi lanjutannya saat ini. ATACMS juga dapat meningkatkan kemampuan Ukraina untuk menghancurkan formasi pertahanan Rusia.”

Mereka menyoroti bahwa AS sepenuhnya mampu menyediakan senjata-senjata ini tanpa risiko besar terhadap kemampuan tempurnya. “Ukraina telah menurunkan kekuatan tempur Rusia secara signifikan dan hanya membutuhkan sebagian kecil dari ATACMS kami yang ditimbun. Lebih jauh lagi, AS memiliki kemampuan untuk memproduksi ratusan ATACMS dan Rudal Serangan Presisi setiap tahunnya dan mengisi kembali persediaannya dalam waktu dekat.” (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home