Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:50 WIB | Minggu, 15 September 2024

Korea Utara Tampilkan Foto Pertama Situs Pengayaan Uranium Terlarang

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengunjungi fasilitas selama kunjungan ke Institut Senjata Nuklir dan basis produksi bahan nuklir kelas senjata di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea resmi Korea Utara pada 13 September 2024. (Foto: KCNA via Reuters)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM-Korea Utara untuk pertama kalinya menunjukkan gambar sentrifus yang menghasilkan bahan bakar untuk bom nuklirnya pada hari Jumat (13/9), saat pemimpin Kim Jong Un mengunjungi fasilitas pengayaan uranium dan meminta lebih banyak bahan kelas senjata untuk meningkatkan persenjataan.

Laporan media pemerintah tentang kunjungan Kim ke Institut Senjata Nuklir dan basis produksi bahan nuklir kelas senjata disertai dengan foto pertama sentrifus, yang memberikan pandangan langka ke dalam program nuklir Korea Utara, yang dilarang berdasarkan beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB).

Foto-foto tersebut menunjukkan Kim berjalan di antara deretan panjang sentrifus logam, mesin yang memperkaya uranium. Laporan tersebut tidak menjelaskan kapan kunjungan tersebut terjadi maupun lokasi fasilitas tersebut.

Kim mendesak para pekerja untuk memproduksi lebih banyak bahan untuk senjata nuklir taktis, dengan mengatakan persenjataan nuklir negara itu sangat penting untuk menghadapi ancaman dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Senjata tersebut dibutuhkan untuk "pertahanan diri dan kemampuan untuk serangan pendahuluan," katanya.

Pemimpin Korea Utara mengatakan "ancaman nuklir anti DPRK" dari "pasukan bawahan yang dipimpin imperialis AS" telah melewati batas merah, menurut laporan tersebut.

Korea Utara diyakini memiliki beberapa lokasi untuk memperkaya uranium. Analis mengatakan citra satelit komersial telah menunjukkan pembangunan dalam beberapa tahun terakhir di Pusat Penelitian Ilmiah Nuklir Yongbyon, termasuk pabrik pengayaan uraniumnya, yang menunjukkan kemungkinan perluasan.

Uranium adalah unsur radioaktif yang ada secara alami. Untuk membuat bahan bakar nuklir, uranium mentah mengalami proses yang menghasilkan bahan dengan peningkatan konsentrasi isotop uranium-235.

Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi, mengatakan pada hari Senin (9/9) bahwa pengawas nuklir PBB telah mengamati aktivitas yang konsisten dengan pengoperasian reaktor dan fasilitas pengayaan sentrifus yang dilaporkan di Yongbyon.

Kim menekankan perlunya menambah jumlah sentrifus untuk "meningkatkan secara eksponensial" senjata nuklir dan memperluas penggunaan jenis sentrifus baru untuk lebih memperkuat produksi bahan nuklir kelas senjata.

Jenis sentrifus baru menunjukkan Korea Utara sedang memajukan kemampuan siklus bahan bakarnya, kata Ankit Panda dari Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS.

"Kim juga tampaknya menyarankan bahwa desain senjata nuklir taktis Korea Utara mungkin terutama bergantung pada uranium untuk intinya," katanya.

Ini penting karena Korea Utara lebih mampu meningkatkan stok uranium yang sangat diperkaya, kata Panda, dibandingkan dengan proses yang lebih rumit untuk plutonium.

Korea Utara mengundang beberapa ilmuwan asing untuk melihat fasilitas sentrifus di Yongbyon pada tahun 2010, tetapi Jenny Town dari Stimson Center yang berbasis di AS mengatakan laporan hari Jumat adalah foto pertama dan satu-satunya dari peralatan tersebut.

"Laporan itu menunjukkan seberapa maju kemampuan pengayaan mereka, yang memberikan kredibilitas lebih besar pada kemampuan dan komitmen mereka untuk meningkatkan persenjataan senjata nuklir mereka," katanya.

Korea Utara sebelumnya telah menunjukkan foto-foto yang disebutnya sebagai hulu ledak nuklir. Negara itu telah melakukan enam uji coba nuklir bawah tanah antara tahun 2006 dan 2017.

Perkiraan jumlah senjata nuklir Korea Utara sangat bervariasi. Pada bulan Juli, sebuah laporan oleh Federasi Ilmuwan Amerika menyimpulkan bahwa negara itu mungkin telah menghasilkan cukup bahan fisil untuk membangun hingga 90 hulu ledak nuklir, tetapi kemungkinan besar telah merakit mendekati 50.

Kim juga mengawasi peluncuran uji sistem roket peluncur ganda 600mm baru pada hari Kamis (12/9) dan mengunjungi pangkalan pelatihan militer pada hari Rabu, menurut laporan KCNA yang terpisah.

Dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh KCNA, juru bicara lembaga kementerian luar negeri Korea Utara mengkritik pertemuan menteri pertahanan baru-baru ini antara negara-negara anggota Komando Perserikatan Bangsa-bangsa yang dipimpin AS di Seoul, dengan menyebutnya sebagai "organisasi perang."

Jerman bergabung dengan komando tersebut bulan lalu, menjadi negara ke-18 dalam kelompok yang membantu mengawasi perbatasan yang dijaga ketat dengan Korea Utara dan telah berkomitmen untuk membela Korea Selatan jika terjadi perang. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home