Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:46 WIB | Minggu, 15 September 2024

Uni Eropa Beli Terlalu Banyak Peralatan Pertahanan dari Luar, Terutama dari AS

Tank Abrams buatan AS yang dibeli oleh Polandia ikut serta dalam parade militer di Warsawa, Polandia, pada 15 Agustus 2023. Negara-negara Uni Eropa membeli terlalu banyak peralatan pertahanan mereka di luar negeri, hampir dua pertiganya di Amerika Serikat, dan gagal berinvestasi cukup banyak dalam proyek-proyek militer bersama, sebuah laporan penting tentang daya saing UE memperingatkan pada hari Senin, 9 September 2024.(Foto: dok. AP/Czarek Sokolowski)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara Uni Eropa (UE) membeli terlalu banyak peralatan pertahanan mereka di luar negeri, hampir dua pertiganya di Amerika Serikat, dan gagal berinvestasi cukup banyak dalam proyek-proyek militer bersama, sebuah laporan penting tentang daya saing UE memperingatkan pada hari Senin (9/9).

Ke-27 negara anggota juga gagal memanfaatkan kapasitas penelitian dan pengembangan Eropa sebaik-baiknya untuk memodernisasi angkatan bersenjata mereka, dengan hanya sebagian kecil dari tingkat investasi AS, kata laporan oleh mantan perdana menteri Italia dan kepala Bank Sentral Eropa, Mario Draghi.

Laporan tersebut muncul saat UE terus berjuang untuk menemukan cukup senjata dan amunisi guna membantu Ukraina bertahan dari invasi Rusia skala penuh, yang kini memasuki tahun ketiga, dan untuk memulai kembali industri pertahanan Eropa.

“Eropa menyia-nyiakan sumber daya bersama. Kami memiliki daya beli kolektif yang besar, tetapi kami mengencerkannya di berbagai instrumen nasional dan UE yang berbeda,” kata laporan Draghi, yang telah dibuat selama setahun dan kemungkinan akan memicu perombakan strategi industri blok tersebut.

Sebagian dari masalahnya, katanya, adalah gagal berinvestasi dengan benar di Eropa untuk menciptakan perusahaan pertahanan yang lebih kuat.

“Kami masih belum bergabung dalam industri pertahanan untuk membantu perusahaan kami berintegrasi dan mencapai skala,” katanya. Laporan tersebut menunjukkan bahwa “kami juga tidak menyukai perusahaan pertahanan Eropa yang kompetitif.”

Laporan tersebut mencatat bahwa, antara pertengahan 2022 dan pertengahan 2023, 63% dari semua pesanan pertahanan UE dilakukan dengan perusahaan-perusahaan AS, dan 15% lagi dengan pemasok non UE lainnya. Pekan lalu, Belanda bergabung dengan daftar anggota UE yang memesan pesawat tempur F-35 buatan AS dengan anggaran besar.

Di 27 negara pada tahun 2022, pengeluaran penelitian dan pengembangan pertahanan berjumlah 10,7 miliar euro (US$11,8 miliar) — hanya 4,5% dari total — dibandingkan dengan US$140 miliar di Amerika Serikat, atau sekitar 16% dari semua pengeluaran pertahanan.

Sekutu NATO — yang hampir semua anggotanya merupakan bagian dari UE — telah meningkatkan pengeluaran pertahanan sejak Rusia mencaplok Semenanjung Krimea milik Ukraina pada tahun 2014. Tujuan mereka adalah agar setiap negara membelanjakan setidaknya 2% dari produk domestik bruto untuk anggaran pertahanan nasional mereka.

Para pemimpin AS berturut-turut telah mendesak sekutu Eropa dan Kanada untuk membelanjakan lebih banyak dana untuk pertahanan selama lebih dari satu dekade, meskipun mantan Presiden Donald Trump adalah satu-satunya yang mengancam untuk menolak membela negara mana pun yang tidak menghormati tujuan tersebut. Sebagian besar uang tersebut kembali ke industri AS.

NATO memperkirakan bahwa 23 dari 32 anggotanya akan memenuhi atau melampaui target 2% pada akhir tahun, naik dari hanya tiga negara pada tahun 2014. Pengeluaran pertahanan Barat semakin terpacu oleh invasi penuh Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

Selain itu, sekutu NATO juga ingin mendedikasikan setidaknya 20% dari pengeluaran pertahanan nasional mereka untuk peralatan baru yang besar. Itu termasuk dana untuk penelitian dan pengembangan, yang sangat penting untuk memodernisasi angkatan bersenjata mereka.

Laporan tersebut menyoroti kekurangan negara-negara yang berinvestasi dalam industri pertahanan nasional mereka daripada pengadaan bersama. Ketika Ukraina meminta artileri, misalnya, negara-negara UE memasok 10 jenis howitzer. Beberapa menggunakan peluru 155 mm yang berbeda, yang menyebabkan masalah logistik.

Sebaliknya, pesawat Angkutan Tanker Multi-Peran A-330 dikembangkan bersama, dan ini memungkinkan negara-negara peserta untuk menyatukan sumber daya dan berbagi biaya operasi dan pemeliharaan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home