Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:39 WIB | Minggu, 12 Januari 2014

Korsel Sepakat Bayar Rp 10,2 Triliun untuk Tentara AS Antisipasi Korut

Rudal balistik Masudan milik Korea Utara. (Foto: dari rt.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Korea Selatan pada Minggu (12/1) mengatakan pihaknya sepakat untuk membayar sekitar 866,6 juta dolar Amerika (sekitar Rp 10,2 triliun) pada tahun ini untuk mempertahankan tentara Amerika Serikat (AS) yang membantu menjaga wilayahnya dari ancaman dari Korea Utara.

Kementerian luar negeri Seoul, setelah negosiasi selama berbulan-bulan dengan Washington, mengonfirmasikan kontirbusi sebesar 866,6 juta dolar Amerika (sekitar Rp 10,2 triliun) pada tahun ini, naik 5,8 persen dari tahun lalu.

Kedua sekutu itu juga sepakat dalam meningkatkan jumlah tersebut sebesar empat persen per tahun hingga 2018, ujar juru bicara kementerian luar negeri Korea Selatan Cho Tai-Young kepada wartawan.

Perjanjian terbaru itu – kesembilan sejak 1991 – merupakan subyek bagi persetujuan parlemen di Seoul.

“Kami mencoba untuk menghasilkan angka yang masuk akal untuk membujuk warga Korea Selatan dan parlemen kami dengan mempertimbangkan beban keuangan kami serta kondisi untuk tetap mempertahankan kehadiran tentara AS,” kata Cho.

Perjanjian itu muncul saat Korea Selatan bersiap menghadapi potensi provokasi militer dari Korea Utara setelah eksekusi mengejutkan paman Kim Jong-Un. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home