Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:20 WIB | Kamis, 27 Maret 2014

KPU Bekasi: 1.421 Lembar Surat Suara Rusak

KPU Bekasi: 1.421 Lembar Surat Suara Rusak
Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi. (Foto:foto: Andreas Pamakayo)
KPU Bekasi: 1.421 Lembar Surat Suara Rusak
Warga sedang memilah surat suara untuk kelurahannya masing-masing.
KPU Bekasi: 1.421 Lembar Surat Suara Rusak
Gelanggang Olah Raga (GOR) Bekasi sebagai penyimpanan surat suara.

BEKASI, SATUHARAPAN.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Divisi Logistik, Kanti Prayoga, mengatakan secara administratif sudah dikirim semua, tetapi setelah dilipat dan sortir oleh warga ternyata ada beberapa surat suara yang rusak.

“Total surat suara yang rusak ada 1.421 lembar surat suara pemilihan anggota DPRD Kota Bekasi dari pemilih berjumlah 1. 718. 895 jiwa, sebagian sudah diselesaikan sebagaian lagi masih dalam proses, katanya di kantor KPU Bekasi, Kamis (27/3).

Jumlah surat suara diperhitungkan dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) plus dua persennya. Jumlah DPT pemilihan legislatif 2014 di Kota Bekasi tercatat sebanyak 1.718.895. Untuk total jumlah surat suara untuk pemilihan anggota DPD, DPR, DPRD Jawa Barat, dan DPRD Kota Bekasi mencapai 7.013.092 lembar.

Diakui Kanti Prayoga menyatakan, dari seribuan surat suara yang rusak itu, sebagian besar karena kertasnya yang robek, maupun bentuk cetakannya yang tidak sempurna. "Tidak ada yang rusak karena dicoblos, tapi cetakannya tidak sempurna,  kertasnya robek atau banyak noda," Kanti menerangkan.

Lebih lanjut Kanti Prayoga menjelaskan, telah berkoordinasi dengan KPU pusat sebagian surat suara yang rusak sudah diganti sebagian lagi masih belum diterima KPU Bekasi.

“Kita telah melaporkan kepada KPU dan pada percetakan, memang sebagaian sudah diganti tetapi sebagain lagi masih belum diterima. Kita berharap dalam berberapa hari bisa selesai, percetakan juga sudah berkoordinasi dengan KPU pusat semoga bisa selesai dengan cepat,” jelasnya.

Pelipatan surat suara, tambah Kanti Prayoga, dibantu oleh warga sekitar berjumlah 400 orang, formulir sekarang sedang disotir untuk ke daerah-daerah lain juga warga yang melakukan. Sedangkan untuk pengiriman surat suara untuk kelurahan-kelurahan, katanya, akan dilakukan pada 1 April (H-8).

“Warga dibagi ke dalam 40 kelompok yang masing-masing beranggotakan sepuluh orang. Para pelipat surat bekerja dalam dua shift, yakni siang dan malam. Jika sistem shift ini berjalan maksimal, dalam 12 hari pun pelipatan bisa dirampungkan langsung bisa dikirim ke kelurahan-kelurahan," katanya.

Surat suara yang telah terlipat akan disimpan di bagian tribun penonton. Penjagaan ketat dilakukan nonstop oleh pihak kepolisian.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home