Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:53 WIB | Senin, 23 September 2013

Laporan Kebahagiaan Dunia: Orang Indonesia Belum Bahagia?

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Apakah Anda bahagia? Orang Indonesia secara keseluruhan bukanlah orang yang bahagia di dunia, meskipun juga bukan yang paling merana. Indonesia berada di urutan 76 di antara 156 negara.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)  mengeluarkan laporan kedua tentang “Kebahagiaan Dunia” (World Happiness) yang dipublikasikan baru-baru ini. Lima negara terbahagia ada di Eropa Utara, yaitu Denmark, Norwegia, Swiss, Belanda dan Swedia.

 Sedangkan lima yang paling tidak bahagia ada di Afrika, yaitu Rwanda, Burundi, Republik Afrika Tengah, Benin dan Togo.

Indonesia pada urutan 76 dengan skor 5,348 berada di tengah. Naik sedikit tahun ini ketimbang laporan tahun lalu di mana Indonesia pada urutan 82.

Sementara beberapa negara di Asia Tenggara tergolong cukup bahagia, yaitu Singapura pada urutan 30, Thailand 36, Malaysia 56, Vietnam 63, . Beberapa negara di bawah Indonesia, yaitu Pilipine pada urutan 92, Laos 109, dan Myanmar 121. China yang tengah tumbuh berada pada urutan 93.

Laporan itu berkaitan dengan jaringan solusi pembangunan berkelanjutan yang didasarkan pada bagaimanatingkat kepuasan orang di seluruh dunia tentang kehidupan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi, faktor-faktor  harapan hidup, kebebasan dan dukungan sosial terjadi di negara itu.

Laporan itu mengatakan bahwa kebahagiaan manusia harus menjadi bagian yang lebih penting dari bagaimana kita mengukur kemajuan setiap bangsa. Secara keseluruhan laporan itu menunjukkan adanya peningkatan kebahagiaan. (unsdsn.org)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home