Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:29 WIB | Kamis, 05 Februari 2015

Layar Elektronik Berkaitan Jam Tidur Remaja

Rata-rata remaja perempuan menghabiskan waktu 5,5 jam per hari di depan layar elektronik. (Foto: bbc.co.uk)

NORWEGIA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah penelitian di kalangan remaja berusia 16–19 tahun mengungkapkan, makin lama mereka menghabiskan waktu di peralatan elektronik, maka makin buruk pula jam tidurnya.

Menggunakan komputer tablet dan telepon pintar lebih dari dua jam setelah sekolah, berkaitan dengan tertundanya jam tidur. Dan, akibatnya waktu untuk tidur juga menjadi lebih singkat.

Hampir semua remaja di Norwegia mengatakan, mereka menggunakan peralatan elektronik sebelum tidur dan sebagian besar tidur kurang dari lima jam setiap malam.

Penelitian penerbitan ilmiah BMJ Open, mengajukan pertanyaan kepada para responden tentang rutinitas tidur mereka pada hari-hari sekolah dan akhir pekan, serta berapa lama mereka menghabiskan waktu di layar peralatan elektronik di luar jam sekolah.

Rata-rata, remaja perempuan menghabiskan waktu sekitar 5,5 jam per hari untuk menonton TV, menggunakan komputer, telepon pintar, maupun peralatan elektronik lainnya.

Sementara remaja pria, menghabiskan waktu lebih banyak di layar elektronik, dengan rata-rata 6,5 jam per hari.

Temuan penelitian menunjukkan, setiap penggunaan layar elektronik pada siang hari dan sebelum tidur tampaknya mengganggu tidur dengan membuat para remaja lebih sulit untuk tidur.

Hasil penelitian memiliki implikasi meluas, karena makin banyak pengguna peralatan elektronik.

Dan makin banyak waktu di peralatan elektronik maka makin terganggu pula tidur mereka.

Salah seorang anggota tim peneliti, Dr Mari Hysing dari Uni Research Health di Bergen, Norwegia, mengatakan, mungkin saja karena lebih banyak menggunakan peralatan elektronik maka mereka lebih sedikit melakukan hal lain, termasuk tidur.

Namun bisa jadi waktu di layar itu, memengaruhi tidur.

Dr Hysing menambahkan, temuan penelitian ini memiliki implikasi yang lebih meluas karena saat ini makin banyak orang tanpa mengenal usia yang menggunakan gadget.

“Kita tahu bahwa cukup tidur sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita. Keluar dari peralatan elektronik mungkin merupakan satu langkah penting untuk menjamin tidur malam yang baik.” (bbc.co.uk)

Editor: Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home