Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:17 WIB | Selasa, 10 Oktober 2023

Lima Negara Bagian India Akan Gelar Pemilu Legislatif

Orang-orang melambai saat menghadiri rapat umum yang disampaikan oleh Perdana Menteri Narendra Mod, di Agartala, India, pada 4 Januari 2022. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Lima negara bagian di India akan memilih badan legislatif baru bulan depan, kata panel pemilu independen pada hari Senin (9/10), memulai proses pemilu regional menjelang pemilu nasional yang dijadwalkan tahun depan.

Pemilu di Rajasthan, Madhya Pradesh, Chhattisgarh, Telangana, dan Mizoram diperkirakan akan memberikan indikasi mengenai suasana hati para pemilih, terutama di negara-negara bagian yang merupakan kunci bagi nasib Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Suara di kelima negara bagian akan dihitung pada 3 Desember dan hasilnya diperkirakan akan diperoleh pada hari yang sama, kata panel tersebut.

Modi dan BJP tetap populer setelah hampir satu dekade berkuasa secara nasional dan survei menunjukkan bahwa ia diperkirakan akan memenangkan masa jabatan ketiga dalam pemilihan umum yang dijadwalkan pada Mei 2024.

Namun para pemilih tidak senang dengan tingginya inflasi, pengangguran, dan pemulihan ekonomi yang tidak merata setelah pandemi COVID-19 dan aliansi baru yang terdiri dari 28 partai oposisi bernama INDIA telah dibentuk untuk bersama-sama menantang BJP secara nasional.

Kongres, partai oposisi utama India yang memimpin aliansi INDIA, berkuasa di Rajasthan dan Chhattisgarh. BJP memerintah negara bagian tengah Madhya Pradesh dan sekutunya berkuasa di negara bagian kecil Mizoram di timur laut.

Telangana di selatan diperintah oleh Bharat Rashtra Samithi, sebuah partai regional yang kuat.

BJP diperkirakan akan menghadapi pertarungan sengit di Rajasthan, Madhya Pradesh, dan Chhattisgarh serta Modi telah berkampanye di negara bagian ini bahkan sebelum tanggal pemilu diumumkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home