Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:03 WIB | Kamis, 17 September 2015

Lithuania Hentikan Imigran di Perbatasan

Ilustrasi: Imigran dan pengungsi melintasi perbatasan antara Yunani dan Makedonia di dekat kota Gevgelija pada 11 September 2015. Sekitar 7.600 imigran memasuki Makedonia dalam 12 jam terakhir. (AFP PHOTO/ Robert Atanasovski).

VILNIUS, SATUHARAPAN.COM – Lithuania menahan puluhan warga negara Irak di perbatasan dengan Polandia saat mereka dalam perjalanan menuju Skandinavia dalam beberapa pekan terakhir, menurut keterangan pihak berwenang negara tersebut.

“Kami belum pernah mengalami hal ini sebelumnya. Tampaknya ini merupakan rute baru untuk imigrasi ilegal melalui Lithuania,” ujar juru bicara penjaga perbatasan Lithuania Giedrius Misutis, hari Rabu (16/9)

“Lithuania hanyalah negara transit bagi mereka. Tujuan mereka tampaknya adalah Finlandia,” ujar Misutis, para terduga penyelundup imigran tersebut memiliki dokumen Finlandia atau Swedia.

Ini merupakan kali keempat dalam kurun waktu kurang dari dua pekan pihak berwenang Lithuania menahan imigran asal Irak yang menyeberang ke negara tersebut dari Polandia.

Penjaga perbatasan memeriksa sepuluh warga negara Irak yang melakukan perjalanan menggunakan dua unit mobil dengan pelat nomor Swedia setelah mereka menyeberangi perbatasan dari Polandia pada Rabu pagi.

Tiga di antaranya menghadapi dakwaan penyelundupan manusia melintasi perbatasan negara, sementara tujuh orang lainnya akan dikembalikan ke Polandia.

Polandia dan Baltik dan negara-negara Skandinavia adalah bagian dari Schengen zona wisata Eropa paspor bebas. Ia telah datang di bawah tekanan kuat sebagai Uni Eropa berjuang untuk mengatasi masuknya belum pernah terjadi sebelumnya pengungsi dan migran.

Polandia dan negara-negara Baltik serta negara-negara di kawasan Skandinavia merupakan bagian dari zona perjalanan bebas visa Schengen. (Ant/AFP)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home