Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 16:24 WIB | Jumat, 06 September 2013

Megawati: Saya Tidak Layak Jadi Ibu Bangsa

Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rakernas pada tanggal 6-8 September di Eco Park Convention Ancol, Jakarta Utara. Dalam pembukaan, Megawati, sang ketua, mengemukakan beberapa kritik.

PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke III terakhir jelang menghadapi Pemilu 2014. Rakernas dilakukan sebagai ajang konsolidasi dan memilih kriteria-kriteria capres yang akan diusung PDIP.

Sebelum Megawati membuka acara, Jumat (6/9), , Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta Rakernas. Kemudian dilanjutkan laporan dari Ketua Rakernas, Puan Maharani.

Dalam pidatonya Puan mengatakan, “selaku Ketua Panitia Rakernas III, saya mengimbau kepada seluruh kader PDI Perjuangan, khususnya para peserta dan utusan Rakernas, agar benar-benar menyadari sepenuhnya tanggung jawab moral, ideologis dan politis yang berada di pundak kita secara bersama-sama.”

Selanjutnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pidato politik. Ia membuka pidatonya dengan pendapat berbagai media tentang isu-isu nasional termasuk saran salah satu pengamat politik yang menyarankan Megawati menjadi Ibu Bangsa.

“Saya merasa tersanjung jika ada saran bahwa saya sebaiknya menjadi Ibu Bangsa. Namun, menurut saya, saya belum layak untuk itu. Yang layak menjadi Bapak Bangsa adalah Bung Karno,” katanya yang disambut tepuk tangan dari hadirin. Dalam pidatonya Megawati juga mengkritik berbagai kebijakan ekonomi pemerintah, terutama tentang keputusan pemerintah terus-menerus menggantungkan diri pada impor. "Seharusnya, daripada membuka semua hambatan impor kedelai, pemerintah memperkuat petani," katanya.

Agenda Selanjutnya

Pada pukul 16.00 WIB, dilakukan sidang tertutup yang membahas tata tertib Rakernas ke III. Lalu, Megawati memberi pengarahan kepada seluruh peserta Rakernas.

Acara dilanjutkan pada pukul 19.00 WIB. Ini juga sidang tertutup. Salah satu yang dibahas dalam acara ini adalah konstelasi politik yang dihadapi PDIP pada Pemilu 2014. Acara diakhiri pemaparan dari Sekretaris Jenderal (Sekjend) PDIP, Tjahjo Kumolo. Setelah Tjahjo, Ketua KPU, Husni Kamil Manik.

Agenda Sabtu dan Minggu

Seperti disinggung Megawati dalam pidato pembukaannya, Ketua KPK, Abraham Samad, besok dijadwalkan memberi materi. Megawati sempat mengungkapkan, “Biar ketua KPK memberi tahu berbagai hal yang legal untuk pembiayaan partai.”

Berikut adalah jadwal lengkap acara Rakernas Sabtu, 7 September 2013

Pukul 09.00 WIB: Materi dinamika dan gelagat politik nasional oleh Sekjend PDIP (Tjahjo Kumolo)

Pukul 11.00 WIB: Materi Ketua KPK (Abraham Samad)

Pukul 12.00 WIB: Pengarahan Ketua Umum PDI Perjuangan (Megawati)

Pukul 14.00 WIB: Masukan atau pandangan umum daerah se-Indonesia

Pukul 20.00-24.00 WIB: Rapat Komisi-komisi (ada 3 Komisi).

Rakernas akan ditutup pada Minggu (8/9).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home