Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Senin, 02 September 2024

Mengapa Rusia Kesulitan Hentikan Serbuan Ukraina di Wilayah Kursk?

Sekelompok truk tentara Rusia yang rusak akibat penembakan oleh pasukan Ukraina terlihat di jalan raya di distrik Sudzhansky di wilayah Kursk, Rusia, pada 9 Agustus 2024. (Foto: dok. Anatoliy Zhdanov/Kommersant Publishing House via AP)

SATUHARAPAN.COM-Setelah tiga pekan bertempur, Rusia masih berjuang mengusir pasukan Ukraina dari wilayah Kursk, sebuah respons yang sangat lambat dan tidak terlalu mencolok terhadap pendudukan pertama wilayahnya sejak Perang Dunia II.

Semuanya bergantung pada pasukan dan prioritas Rusia.

Dengan sebagian besar serangan militernya di dalam Ukraina, Kremlin tampaknya tidak memiliki cukup cadangan untuk saat ini guna mengusir pasukan Kiev.

Presiden Vladimir Putin tampaknya tidak memandang serangan itu — atau setidaknya, memberi kesan bahwa ia memandangnya — sebagai ancaman yang cukup serius untuk menjamin penarikan pasukan dari wilayah Donbas di Ukraina timur, target prioritasnya.

"Fokus Putin adalah pada keruntuhan negara Ukraina, yang menurut dia akan secara otomatis membuat kendali teritorial apa pun tidak relevan," tulis Tatiana Stanovaya, peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center.

Prioritas Putin

Beberapa bulan setelah melancarkan invasi skala penuh pada tahun 2022, Putin secara ilegal mencaplok wilayah Ukraina Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sebagai bagian dari wilayah Rusia, dan perebutan penuh wilayah tersebut telah menjadi prioritas utama.

Ia menyatakan pada bulan Juni bahwa Kiev harus menarik pasukannya dari beberapa bagian wilayah yang dikuasainya sebagai syarat untuk perundingan damai, sebuah tuntutan yang ditolak Ukraina.

“Dalam mengerahkan pasukan untuk menghadapi serbuan Ukraina, Rusia melakukan segala yang dapat dilakukannya untuk menghindari penarikan unit dari serangannya sendiri di Donbas,” kata Nigel Gould-Davies dari Institut Studi Strategis Internasional. “Rusia saat ini menilai bahwa mereka dapat menahan ancaman di wilayahnya sendiri tanpa mengorbankan tujuan terpentingnya di Ukraina.”

Bahkan ketika pasukan Ukraina maju ke Kursk pada tanggal 6 Agustus, pasukan Rusia terus maju perlahan di sekitar kota strategis Pokrovsk dan bagian lain dari wilayah Donetsk.

“Rusia sangat ingin melanjutkan serangan ke Pokrovsk dan tidak mengambil sumber daya dari Pokrovsk ke Kursk,” kata Nico Lange, peneliti senior di Pusat Analisis Kebijakan Eropa yang berbasis di Washington.

Tidak seperti Pokrovsk, tempat pasukan Ukraina telah membangun benteng pertahanan yang luas, bagian lain Donetsk yang masih di bawah kendali Ukraina kurang terlindungi dan bisa jadi jauh lebih rentan terhadap serangan Rusia jika Pokrovsk jatuh.

Berbicara tentang Kursk dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan para pejabat, Putin menggambarkan serangan itu sebagai upaya Kiev untuk memperlambat serangan Rusia di Donetsk. Ia mengatakan kemajuan Rusia di sana justru semakin cepat meskipun ada kejadian di Kursk.

Dalam menekan Ukraina untuk memenuhi tuntutannya, Rusia juga telah melancarkan serangkaian serangan jarak jauh terhadap jaringan listrik. Serangan pada fasilitas energi hari Senin adalah salah satu yang terbesar dan paling dahsyat dalam perang itu, yang melibatkan lebih dari 200 rudal dan pesawat nirawak dan menyebabkan pemadaman listrik yang meluas. Serangan itu menyoroti celah dalam pertahanan udara Ukraina yang terbentang antara melindungi pasukan garis depan dan juga infrastruktur.

Meremehkan Serangan

Berfokus pada perebutan empat wilayah Ukraina, Putin berusaha untuk tidak terlalu mementingkan serangan Kiev ke Kursk.

"Alih-alih menggalang dukungan rakyat untuk melawan ancaman terhadap tanah air, Kremlin justru ingin meremehkan serangan tersebut," kata Gould-Davies dari IISS yang berpusat di London.

Dihadapkan dengan kenyataan pendudukan wilayah Rusia, mesin propaganda negara berusaha mengalihkan perhatian dari kegagalan militer yang nyata dengan berfokus pada upaya pemerintah untuk membantu lebih dari 130.000 penduduk yang mengungsi dari rumah mereka.

Media yang dikendalikan negara menggambarkan serangan terhadap Kursk sebagai bukti niat agresif Kiev dan bukti lebih lanjut bahwa Rusia dibenarkan untuk menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Stanovaya mencatat bahwa sementara banyak penduduk Kursk mungkin marah pada Kremlin, sentimen nasional secara keseluruhan sebenarnya dapat menguntungkan pihak berwenang.

"Meskipun ini tentu saja merupakan pukulan bagi reputasi Kremlin, kecil kemungkinan hal itu akan memicu peningkatan signifikan dalam ketidakpuasan sosial atau politik di antara penduduk," katanya. "Serangan Ukraina mungkin benar-benar mengarah pada aksi unjuk rasa di sekitar bendera dan peningkatan sentimen anti Ukraina dan anti Barat."

Respons Terbatas Kremlin

Kepala perwira militer Ukraina, Jenderal Oleksandr Syrskyi, mengatakan pasukannya menguasai hampir 1.300 kilometer persegi (sekitar 500 mil persegi) dan sekitar 100 permukiman di wilayah Kursk, sebuah klaim yang tidak dapat diverifikasi secara independen.

Dengan situasi pertempuran di Kursk yang terus berubah, tidak seperti garis depan statis di Donetsk, unit Ukraina dapat menjelajahi wilayah tersebut tanpa membangun kehadiran yang bertahan lama di banyak permukiman yang mereka klaim.

Pengamat mengatakan Rusia tidak memiliki cukup sumber daya yang terkoordinasi dengan baik untuk mengejar pasukan Ukraina di Kursk.

“Upaya Moskow untuk melawan serangan baru Ukraina tampaknya terbatas pada pengiriman unit dari seluruh Rusia, termasuk sebagian milisi dan pasukan tidak teratur,” kata Ben Barry, peneliti senior untuk peperangan darat di IISS, dalam sebuah komentar.

Hingga penyerbuan Kursk, Putin menahan diri untuk tidak menggunakan wajib militer dalam perang untuk menghindari reaksi publik. Para wajib militer muda yang direkrut untuk tugas wajib selama satu tahun telah bertugas jauh dari garis depan, dan mereka yang dikerahkan untuk melindungi perbatasan di wilayah Kursk menjadi mangsa empuk bagi unit infanteri mekanis Ukraina yang tangguh dalam pertempuran. Ratusan orang ditangkap, dan 115 orang ditukar dengan pasukan Ukraina selama akhir pekan.

Para komentator mengamati bahwa Putin juga enggan memanggil lebih banyak cadangan, karena takut akan ketidakstabilan dalam negeri seperti yang terjadi ketika ia memerintahkan mobilisasi 300.000 orang yang sangat tidak populer sebagai tanggapan atas serangan balik Ukraina pada tahun 2022. Ratusan ribu orang melarikan diri dari Rusia untuk menghindari dikirim ke medan perang.

Sejak saat itu, Kremlin telah memperkuat pasukannya di Ukraina dengan sukarelawan yang tertarik dengan upah yang relatif tinggi, tetapi arus itu telah surut dalam beberapa bulan terakhir.

Diperlukan puluhan ribu pasukan untuk mengusir sepenuhnya pasukan Ukraina, yang diperkirakan berjumlah 10.000 orang, yang menggunakan hutan lebat di wilayah tersebut sebagai perlindungan.

Karena jelas kekurangan sumber daya untuk operasi besar-besaran tersebut, Rusia untuk saat ini berfokus untuk membendung kemajuan Ukraina yang lebih dalam dengan menutup jalan dan menargetkan cadangan Kiev — taktik yang sebagian berhasil.

Sementara itu, Ukraina telah membingungkan militer Rusia dengan menghancurkan jembatan di seberang Sungai Seym, mengganggu logistik untuk beberapa unit Rusia di wilayah tersebut, dan menciptakan kondisi untuk membangun kantong kendali.

Lange memperkirakan pasukan Ukraina dapat menggunakan sungai tersebut untuk membentuk zona penyangga. "Saya berharap Ukraina menemukan beberapa titik sempit lagi untuk logistik dan infrastruktur Rusia, tidak hanya jembatan, dan menguasainya," katanya.

Risiko bagi Ukraina

Dengan merebut sebagian wilayah Rusia, Ukraina telah mempermalukan Kremlin dan mengubah medan perang. Namun, mengalihkan sebagian pasukan negara yang paling cakap dari timur merupakan pertaruhan bagi Kiev.

“Semua ini membawa risiko yang cukup besar, terutama jika upaya untuk mengerahkan pasukan Rusia secara berlebihan mengakibatkan pasukan Ukraina yang lebih kecil kewalahan,” menurut Barry dari IISS.

Upaya untuk membangun pijakan di Kursk akan semakin memperluas garis depan yang lebih dari 1.000 kilometer (lebih dari 600 mil), menambah tantangan yang dihadapi oleh pasukan Ukraina yang kekurangan personel dan persenjataan. Mempertahankan posisi di dalam Rusia akan menimbulkan masalah logistik yang serius, dengan jalur pasokan yang diperpanjang menjadi sasaran empuk.

“Sistem Rusia sangat hierarkis dan kaku, jadi mereka selalu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan situasi baru,” kata Lange, “tetapi kita harus melihat bagaimana Ukraina dapat bertahan di sana, setelah Rusia beradaptasi dan datang dengan kekuatan penuh.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home