Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 12:59 WIB | Rabu, 09 September 2015

Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT

Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Maket masterplan pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang baru saja diresmikan dan mulai berjalan untuk menambah pilihan moda transportasi massal untuk masyarakat. LRT ini rencananya akan terintegrasi dengan transportasi umum lainnya seperti MRT dan KRL melintasi rute jalur Ciburu - Cawang, Bekasi - Cawang, Cibubur - Bogor dan dilanjutkan dengan rute Cawang - Dukuh Atas, Dukuh Atas - Palmerah -Senayan, serta Palmerah - Grogol yang ditargetkan pada tahun 2018 mendatang rampung. (Foto-foto: Dedy istanto).
Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Lokasi pembangunan tiang pondasi LRT di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur sudah mulai terpasang usai Presiden Joko Widodo meresmikan projek pembangunan moda transportasi massal tersebut pada hari Rabu (9/9).
Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Sejumlah alat berat mulai beroperasi untuk pembangunan LRT lintas Jakarta - Bogor di lokasi pembangunan di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur.
Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Para pekerja saat berada di lokasi pembangunan pengeboran lubang pondasi untuk tiang pancang jalur LRT di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur pada hari ini.
Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Maketi pembangunan LRT di dalam kota Jakarta yang terintegrasi dengan moda transportasi massal lainnya diantaranya MRT dan juga KRL yang diharapkan masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.
Mengintip Pembangunan Transportasi Massal LRT
Tiang-tiang pancang untuk pondasi pembangunan LRT sudah mulai terpasang di lokasi pembangunan di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Projek pembangunan Light Rail Transit (LRT) hari ini Rabu (9/9) dicanangkan sebagai bagian dari pilihan moda transportasi massal bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. LRT atau kereta api ringan jenis ini menggunakan tenaga listrik dan umumnya dibangun di tengah perkotaan untuk menjangkau para penumpang.

Negara-negara di Eropa hampir semua menggunakan kereta api ringan moda transportasi. Saat ini bahkan LRT di Eropa dapat dioperasikan tanpa masinis yang secara otomatis melintas.

Indonesia tahun ini sudah memulai pembangunan LRT yang dicanangkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Rabu (9/9). Rencana pembangunan LRT sebenarnya sudah diperbincangkan sejak tiga tahun lalu, semasa Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kini setelah menjabat Presiden, Jokowi melanjutkan rencananya dengan mengajak BUMN membangun LRT yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Proyek pembangunan LRT seluruhnya dibangun oleh perusahaan milik negara PT Adhi Karya akan melintasi jalur luar Jakarta di antaranya, Cibubur – Cawang, Bekasi – Cawang, dan Cibubur – Bogor. Sementara untuk di dalam wilayah kota Jakarta, pembangunannya akan dilanjutkan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari rute Cawang – Dukuh Atas, Dukuh Atas – Palmerah – Senayan, dan Palmerah – Grogol.

Diharapkan dengan adanya moda transportasi massal LRT dapat mengurangi jumlah masyarakat pengguna kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum. Targetnya seluruh pembangunan transportasi massal baik itu Mass Rapid Transit (MRT), LRT, dan kereta cepat dapat rampung pada tahun 2018 mendatang.

Berikut sekilas pembangunan awal LRT di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur, hari Rabu (9/9). 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home