Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 14:29 WIB | Jumat, 14 Juni 2024

Mensos Naik Speedboat Jemput ODGJ Yang Dipasung di Barito Kuala

Penjemputan ODGJ. (Foto: Kemensos)

BARITO KUALA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Sosial,Tri Rismaharini, menjemput Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Sei Lirik, Kecamatan Bakumpai, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, untuk dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan.

 Untuk sampai di lokasi, Mensos Risma menggunakan speedboat menyebrangi Sungai Martapura. Setelahnya, Mensos Risma juga menempuh perjalanan darat sekitar satu jam untuk menjemput ODGJ di Desa Begagap, Kecamatan Barambai.

"Kita bawa dulu ke rumah sakit jiwa. Setelah itu kalau sudah clear nanti kita serahkan ke keluarganya, tapi yang jelas Puskesmas sudah tahu nanti bisa diberikan obat setiap bulan sekali di Puskesmas," kata Risma saat memberikan keterangan di hadapan awak media, hari Rabu (12/6).

ODGJ yang dijemput langsung Mensos Risma adalah ODGJ yang dipasung. Pertimbangannya  pun berbeda-beda, seperti kekhawatiran melakukan tindakan membahayakan, dan  kadang-kadang berkeliaran kemana-mana.

Kepada keluarga, Risma berpesan agar tidak malu dengan kondisi anggota keluarga yang mengalami kedisabilitasan mental. Menurut Risma, siapapun bisa mengalami masalah kejiwaan karena tiap orang memiliki kondisi psikis dan mental yang berbeda. Risma menambahkan, gangguan kejiwaan juga bisa terjadi kepada orang dengan ekonomi menengah ke atas.

Lebih lanjut, Risma mengatakan ODGJ sama dengan penyakit fisik seperti penyakit jantung, ginjal, dan diabetes, sama-sama membutuhkan pengobatan. "Saya diberi tahu dokter, asal mereka rajin mengonsumsi obat. Maka seperti penyakit jantung, diabetes juga seperti itu," katanya.

Risma menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan sebab sudah bisa ditanggung BPJS.

Kepala Desa Begagap, Zulhamid, menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Mensos yang datang langsung menjemput ODGJ. "Saya berterimakasih sekali kedatangan Ibu Menteri yang bisa hadir di desa kami. Bahkan Kemensos berupaya mengobati.  Semoga warga kami dapat pulih seperti semula," katanya.

Pembebasan pasung menjadi salah satu rangkaian kegiatan bhakti sosial di Kabupaten Barito Kuala. Sejak awal Juni, Kementerian Sosial telah membebaspasungkan 12 ODGJ.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home