Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:21 WIB | Sabtu, 15 Juni 2024

Mensos Pasang Instalasi Pengolahan Air Bersih Cegah Penularan Kusta

Instalasi air bersih dipasang di empat kecamatan di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. (Foto: Kemensos)

BARITO KUALA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Sosial, Tri Rismaharini, memasang instalasi pengolahan air bersih di empat kecamatan di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pembangunan instalasi pengolahan air bersih dilakukan untuk membantu masyarakat mengakses ketersediaan air bersih sekaligus upaya pencegahan penularan penyakit kusta.

Tersedianya air bersih menjadi salah satu faktor yang dapat memutus rantai penularan bakteri penyebab kusta. Faktor kualitas lingkungan tempat tinggal harus ditingkatkan untuk mencegah penyebaran bakteri kusta salah satunya sarana air bersih.

"Jadi, kami berikan bantuan termasuk air bersih, supaya tidak menggunakan air yang tidak bersih lagi sehingga tidak terjadi penularan ke yang lain," kata Mensos Risma, hari Selasa (11/6) saat menyapa warga di Desa Sungai Pitung, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Selain itu, Risma juga menyampaikan terobosan idenya untuk menyempurnakan instalasi pengolahan air bersih menjadi alat dekontaminasi bakteri penyebab kusta. "Saya sedang memikirkan bagaimana caranya supaya bakteri penyebab kusta bisa dimatikan melalui proses pengolahan instalasi air bersih ini," tambah Risma.

Barito Kuala adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dengan karakteristik kewilayahan sebagian besar desa-desanya berada di daerah rawa/gambut. Untuk memenuhi kebutuhan mandi cuci kakus (MCK), konsumsi air diambil dari sungai-sungai kecil yang memiliki kualitas air kurang bagus sehingga tidak layak dikonsumsi.

Biasanya warga masyarakat setempat menggunakan air PDAM untuk dikonsumsi, namun sayangnya belum semua wilayah terjamah instalasi PDAM sehingga masyarakat terpaksa harus membeli air dengan harga yang tidak murah.

"Untuk minum dan masak, bagi warga yang mampu biasanya mereka beli air ledeng Rp 3.000 per jerigen. Biasanya satu keluarga butuh tiga jerigen per hari. Tapi kalau warga yang tidak mampu membeli, maka minum dan masak memakai air sungai yang diberi tawas," kata Fahmi, Kepala Desa Sungai Pitung.

Kemensos memasang instalasi pengolahan air bersih dengan total kapasitas 5.500 liter. Terdapat empat tandon air yang digunakan untuk mengolah air sungai menjadi air bersih. Instalasi ini mampu mengolah satu liter air per detik dengan total produksi air layak konsumsi  6.000 liter per hari.

Air sebanyak itu  cukup untuk memenuhi kebutuhan 200 keluarga. Instalasi air bersih tersebut juga turut melengkapi integrasi bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) yang dibangun Kemensos.

Dalam rangka Bakti Sosial di Kabupaten Barito Kuala, Kemensos memasang instalasi pengolah air bersih yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Alalak, Kecamatan Barambai, Kecamatan Bakumpai, dan Kecamatan Tabukan.

Instalasi air bersih  ini juga dilengkapi dengan solar cell berkapasitas 3.600 watt peak, dan nantinya akan ditambahkan lagi perangkat dengan total kapasitas 9.000 watt peak. Langkah ini diambil Mensos agar masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar listrik karena pengolahan air bersih menggunakan listrik tenaga surya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home