Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:33 WIB | Minggu, 29 September 2024

Meryl Streep: Seekor Tupai Punya Lebih Banyak Hak Daripada Seorang Gadis Afghanistan

Aktris pemenang Academy Award, Meryl Streep, ketika berbicara pada hari Kamis, 7 Desember 2017, selama Konferensi Tahunan Massachusetts ke-13 untuk Perempuan, di Boston. (Foto: dok. AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Aktres Amerika, Meryl Streep, mengatakan seekor "tupai mempunyai lebih banyak hak" daripada seorang gadis di Afghanistan, menambahkan suaranya pada seruan para perempuan Afghanistan untuk mengakhiri pembatasan keras pemerintah Taliban terhadap kehidupan mereka.

Penguasa Taliban telah menerapkan interpretasi hukum Islam yang keras sejak kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021 setelah penarikan pasukan pimpinan Amerika Serikat.

Perempuan dan anak perempuan telah menanggung beban pembatasan – termasuk dilarang memasuki taman umum, universitas, dan bernyanyi di depan umum – yang oleh PBB disebut sebagai "apartheid Jender."

“Seekor tupai mempunyai hak lebih banyak daripada seorang gadis di Afghanistan saat ini karena taman-taman umum telah ditutup untuk perempuan dan anak perempuan oleh Taliban,” kata Streep pada hari Senin (23/9) selama diskusi di sela-sela Sidang Umum PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) di New York.

“Seekor burung mungkin bernyanyi di Kabul, tetapi seorang gadis mungkin tidak, dan seorang perempuan mungkin tidak di depan umum,” kata aktor peraih Oscar tersebut.

“Saya merasa bahwa masyarakat internasional secara keseluruhan, jika mereka bersatu, dapat memengaruhi perubahan di Afghanistan, dan menghentikan pencekikan perlahan yang dialami oleh separuh populasi.”

Pemerintah Taliban, yang belum diakui oleh negara lain, menerbitkan undang-undang yang dikritik secara luas pada bulan Agustus yang semakin memperketat pembatasan terhadap kehidupan perempuan.

Meskipun banyak dari tindakan tersebut telah ditegakkan secara informal sejak pengambilalihan Taliban pada tahun 2021, kodifikasi formalnya memicu protes dari masyarakat internasional dan kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Undang-undang “keburukan dan kebajikan” menyatakan bahwa suara perempuan tidak boleh ditinggikan di luar rumah dan bahwa perempuan tidak boleh bernyanyi atau membaca puisi dengan suara keras.

Mereka diharuskan untuk menutupi seluruh tubuh dan wajah mereka jika mereka harus meninggalkan rumah, yang seharusnya mereka lakukan hanya "karena kebutuhan."

Asila Wardak, seorang pemimpin Forum Perempuan untuk Afghanistan, mengatakan pada diskusi PBB bahwa perempuan Afghanistan hadir untuk mengingatkan para pemimpin dunia bahwa "perjuangan ini bukan hanya perjuangan Afghanistan" tetapi "perjuangan global melawan ekstremisme."

Berbicara tentang situasi perempuan Afghanistan selama Sidang Umum PBB pekan ini merupakan "tanda kecil harapan" bagi mereka, kata Fawzia Koofi, mantan anggota parlemen di Kabul.

"Tetapi itu tidak cukup," katanya, menyerukan penunjukan utusan khusus PBB untuk menekan pemerintah Taliban.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan bahwa diskriminasi terhadap perempuan menyebabkan kerusakan besar di Afghanistan. "Mendidik anak perempuan adalah salah satu cara tercepat untuk memulai pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kemakmuran komunitas dan seluruh masyarakat," kata Guterres. “Partisipasi dan kepemimpinan perempuan telah terbukti bermanfaat bagi perdamaian dan keamanan, perlindungan sosial, stabilitas lingkungan, dan banyak lagi,” katanya. “Afghanistan menghadapi tantangan serius di semua bidang ini.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home