Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Jumat, 27 September 2024

Pakistan: Polisi Diskors Karena Bunuh Tersangka Penistaan Agama, Dapat Pujian dari Masyarakat

Polisi Pakistan. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

KARACHI-PAKISTAN, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Pakistan pada hari Jumat (20/9) menskors polisi yang telah melepaskan tembakan dan membunuh seorang tersangka penistaan ​​agama di wilayah selatan negara itu awal pekan ini, tetapi kemudian mendapat tepuk tangan dan hujan bunga mawar dari warga setempat setelah pembunuhan tersebut.

Kematian Shah Nawaz — seorang dokter di Provinsi Sindh yang bersembunyi setelah dituduh menghina Nabi Muhammad dan menyebarkan konten penistaan ​​agama di media sosial — merupakan pembunuhan di luar hukum kedua yang dilakukan oleh polisi dalam sepekan, yang menuai kecaman dari kelompok hak asasi manusia.

Kepala polisi setempat, Niaz Khoso, mengatakan Nawaz terbunuh secara tidak sengaja ketika petugas di kota Mirpur Khas memberi isyarat kepada dua pria di atas sepeda motor untuk berhenti pada Rabu (18/9) malam. Alih-alih berhenti, kedua pria itu melepaskan tembakan dan mencoba melarikan diri, yang mendorong polisi untuk menembak.

Salah satu tersangka melarikan diri dengan sepeda motor, sementara tersangka lainnya, Nawaz, yang telah bersembunyi dua hari sebelumnya, tewas.

Kemudian, video di media sosial memperlihatkan orang-orang melemparkan kelopak bunga mawar dan menyerahkan karangan bunga kepada petugas polisi yang disebut terlibat dalam penembakan tersebut. Dalam video lain, yang konon direkam di kantor polisi, petugas mengenakan rangkaian bunga di leher mereka dan berpose untuk difoto.

Menteri Dalam Negeri, Sindh Zia Ul Hassan, menskors para petugas, termasuk Wakil Inspektur Jenderal Javaid Jiskani, yang muncul dalam kedua video tersebut, kata juru bicara menteri Sohail Jokhio.

Perwira polisi senior Choudhary Asad juga diskors, yang sebelumnya mengatakan insiden penembakan tersebut tidak ada hubungannya dengan kasus penistaan ​​agama dan bahwa polisi baru menyadari siapa Nawaz setelah jasadnya dibawa untuk otopsi.

Keluarga Nawaz menuduh mereka kemudian diserang oleh massa yang merampas jasadnya dari mereka dan membakarnya. Pembunuhan Nawaz di Mirpur Khas terjadi sehari setelah kaum Islamis di kota terdekat, Umerkot, menggelar protes menuntut penangkapannya. Massa juga membakar klinik Nawaz pada hari Rabu (18/9), kata para pejabat.

Doctors Wake Up Movement, sebuah kelompok hak asasi untuk para profesional medis dan mahasiswa di Pakistan, mengatakan Nawaz telah menyelamatkan banyak nyawa sebagai seorang dokter.

"Tetapi dia tidak mendapat kesempatan untuk mengajukan kasusnya ke pengadilan, dibunuh oleh polisi dan tubuhnya dibakar oleh massa," kata kelompok itu di platform media sosial X.

Kepala polisi Provinsi Ghulam, Nabi Memon, telah memerintahkan penyelidikan.

Meskipun pembunuhan tersangka penistaan ​​agama oleh massa adalah hal yang umum, pembunuhan di luar hukum oleh polisi jarang terjadi di Pakistan, di mana tuduhan penistaan ​​agama — terkadang bahkan hanya rumor — dapat memicu kerusuhan dan amukan massa yang dapat meningkat menjadi pembunuhan.

Sepekan sebelum pembunuhan Nawaz, seorang petugas melepaskan tembakan di dalam kantor polisi di kota Quetta, Pakistan barat daya, yang mengakibatkan Syed Khan, tersangka lain yang ditahan atas tuduhan penistaan ​​agama, tewas.

Khan ditangkap setelah petugas menyelamatkannya dari massa yang marah karena menuduhnya menghina nabi Islam. Namun, ia dibunuh oleh seorang petugas polisi, Mohammad Khurram, yang segera ditangkap. Namun, suku dan keluarga korban kemudian mengatakan bahwa mereka memaafkan petugas tersebut.

Berdasarkan undang-undang penistaan ​​agama Pakistan yang kontroversial, siapa pun yang terbukti bersalah menghina Islam atau tokoh agama Islam dapat dijatuhi hukuman mati — meskipun pihak berwenang belum melaksanakan hukuman mati untuk kasus penistaan ​​agama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home