Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:19 WIB | Rabu, 25 September 2024

Penipuan Adopsi di Korea Selatan, Memisahkan Anak-anak dari Keluarga Mereka

Dalam foto yang disediakan oleh Robert Calabretta, kanan, ia dan ayah kandungnya, Lee Sung-soo, berdiri bersama untuk berfoto saat berkunjung ke Daegu, Korea Selatan, pada bulan Agustus 2020, selama pandemi COVID-19. (Foto: Robert Calabretta via AP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Korea Selatan, negara-negara Barat, dan lembaga adopsi bekerja sama untuk memasok sekitar 200.000 anak Korea kepada orang tua di luar negeri, meskipun ada bukti selama bertahun-tahun bahwa mereka diperoleh melalui cara-cara yang meragukan atau sama sekali tidak bermoral, demikian temuan investigasi yang dipimpin oleh The Associated Press.

Anak-anak tersebut tumbuh besar dan mencari asal-usul mereka — dan beberapa menyadari bahwa mereka bukanlah seperti yang diceritakan. Kisah-kisah mereka telah memicu perhitungan yang mengguncang industri adopsi internasional.

Investigasi tersebut, yang bekerja sama dengan Frontline (PBS), didasarkan pada wawancara dengan lebih dari 80 anak adopsi di Amerika Serikat, Australia, dan enam negara Eropa, bersama dengan orang tua, karyawan lembaga, pekerja kemanusiaan, dan pejabat pemerintah. Investigasi tersebut juga menggunakan lebih dari 100 permintaan informasi dan ribuan halaman dokumen — termasuk banyak dokumen yang belum pernah dilihat publik sebelumnya dan beberapa dokumen yang dideklasifikasi AP.

Dalam lusinan kasus yang diperiksa AP, ditemukan: Anak-anak diculik dari jalanan. Para orang tua mengaku bahwa mereka diberi tahu bahwa bayi mereka yang baru lahir telah meninggal atau sakit parah, tetapi mereka malah dikirim begitu saja. Dokumen-dokumen dipalsukan, yang menyebabkan anak-anak angkat tersebut kemudian bertemu kembali dengan orang tua mereka yang sebenarnya — hanya untuk mengetahui bahwa mereka sama sekali tidak berhubungan.

Pejabat pemerintah menolak menjawab pertanyaan tentang masa lalunya, dengan mengatakan bahwa mereka akan membiarkan komisi pencari fakta menyelesaikan pekerjaannya. Namun dalam pernyataan tertulis, Kementerian Kesehatan mengakui bahwa adopsi yang meroket pada tahun 1970-an hingga 1980-an mungkin didorong oleh niat untuk mengurangi pengeluaran kesejahteraan.

Badan-badan adopsi menolak mengomentari kasus-kasus tertentu, tetapi telah lama membela praktik mereka sebagai cara untuk mencari keluarga asing bagi anak-anak yang rentan. Berikut adalah temuan lebih lanjut:

Mengurangi Pengeluaran, Warga Paling Lemah Jadi Target

Program adopsi Korea tumbuh dari reruntuhan Perang Korea tahun 1950-53, ketika Amerika mengambil anak-anak birasial yang tidak diinginkan dari perempuan Korea dan tentara Barat. Program ini diperluas hingga mencakup anak-anak dari ibu yang tidak menikah dan keluarga miskin. Korea mengandalkan lembaga adopsi swasta sebagai jaring pengaman sosialnya, yang menghasilkan jutaan dolar bagi perekonomian.

Pejabat Korea menyesuaikan undang-undang mereka dengan undang-undang Amerika untuk membuat anak-anak dapat diadopsi di Barat, di mana akses terhadap alat kontrasepsi dan aborsi telah menyebabkan pasokan bayi yang dapat diadopsi dalam negeri anjlok.

Pemerintah mendukung "adopsi proksi" bagi keluarga untuk mengadopsi anak dengan cepat tanpa pernah mengunjungi Korea. Korea juga menulis ulang undang-undangnya untuk menghapus perlindungan minimal atau pengawasan yudisial.

Kekhawatiran muncul sejak awal. Dalam memo internal tahun 1966 yang diperoleh AP, International Social Service, sebuah organisasi yang bermarkas di Jenewa, menulis bahwa mereka menduga pemerintah Korea menilai lembaga bukan berdasarkan standar kesejahteraan anak, tetapi berdasarkan uang yang mereka hasilkan.

Pejabat Korea menyadari bahwa anak-anak yang hilang didokumentasikan sebagai anak terlantar; asal usul anak yatim yang diduga tidak diverifikasi; dan beberapa "disamarkan" oleh lembaga sebagai anak yang lahir dari ibu yang tidak menikah agar mereka dapat diadopsi, menurut catatan yang dilihat oleh AP.

Pada awal 1980-an, pemerintah sendiri menyamakan praktik perburuan anak oleh lembaga tersebut dengan "perdagangan anak".

Lembaga Adopsi Memburu Anak-anak

Mantan pekerja adopsi mengatakan kepada AP bahwa lembaga membayar agar setiap sudut negara digeledah untuk mencari anak-anak.

Seorang pekerja, yang bekerja di sebuah lembaga dari tahun 1979 hingga 1984, mengatakan bahwa lembaga tersebut tidak memiliki proses untuk memverifikasi latar belakang anak-anak dan tidak melakukan "upaya apa pun" untuk memastikan bahwa anak tersebut yatim piatu.

Catatan konseling pribadi dalam sebuah dokumen tahun 1988 yang disiapkan oleh lembaga adopsi terbesar di negara tersebut, Holt Children's Services, menunjukkan bahwa beberapa orang tua yang menyerahkan anak-anak mereka segera memohon agar mereka kembali, tetapi tidak berhasil.

Dokumen tersebut, yang diperoleh oleh AP, menjelaskan bagaimana pekerja lembaga tersebut memberi tahu orang tua bahwa anak-anak mereka akan tumbuh subur dalam keluarga Barat yang baik dan mungkin akan kembali ke rumah suatu hari nanti dalam keadaan kaya atau "dengan gelar Ph.D."

Pekerja kemanusiaan secara terbuka khawatir tentang apa yang mereka lihat. Francis Carlin, yang saat itu mengelola Catholic Relief Services Korea, mengatakan tidak ada cukup anak yatim piatu yang sah untuk memenuhi permintaan Barat, yang menyebabkan "banyak kompromi, banyak kecurangan" yang melibatkan lembaga-lembaga yang lebih besar.

"Mereka, saya sebut mereka calo, berusaha keras untuk mendapatkan lebih banyak anak," kata Carlin. "Mereka akan membuat orang tua yang sah merasa bersalah dan berkata, apa yang Anda lakukan? Anda tidak mampu untuk mengurus anak ini... Anda sangat egois."

Dicuri dari Orangtua, Dibeli dari Rumah Sakit dan Dikatakan sebagai Anak Terlantar

Pada tahun 1980-an, lembaga-lembaga mendapatkan sebagian besar anak-anak mereka langsung dari rumah sakit dan rumah bersalin, yang sering menerima pembayaran ilegal untuk bayi, menurut catatan yang dilihat oleh AP. Meskipun niat adopsi yang dinyatakan adalah untuk menyelamatkan anak-anak dari panti asuhan, mereka mengumpulkan lebih dari4.600 anak dari rumah sakit pada tahun 1988, 60% dari jumlah mereka.

Audit pemerintah pada tahun 1989 menunjukkan bahwa Holt Children’s Services, lembaga terbesar, melakukan hampir 100 pembayaran ilegal ke rumah sakit selama enam bulan pada tahun 1988, yang nilainya sekarang sekitar US$16.000. Eastern Social Welfare Society bahkan memberikan lebih banyak lagi, yang nilainya sekitar US$65.340, ke rumah sakit selama periode tersebut.

Meskipun lembaga-lembaga tersebut secara umum melabeli anak-anak sebagai “terlantar,” catatan dari tahun 1980 hingga 1987 menunjukkan bahwa lebih dari 90% anak-anak Korea yang dikirim ke Barat hampir pasti memiliki kerabat yang dikenal, kata Philsik Shin, seorang sarjana di Universitas Anyang Korea.

"Hampir menjadi kebiasaan" untuk mendokumentasikan anak-anak sebagai anak terlantar, kata Helen Noh, yang mencocokkan ratusan anak dengan orang tua AS di Holt dari tahun 1981 hingga 1982.

Keluhan Meningkat, Korea Selatan Dalam Tekanan

Robyn Joy Park, yang diadopsi oleh orang tua di Minnesota pada tahun 1982, melakukan perjalanan ke Korea Selatan pada tahun 2007 untuk bertemu dengan seorang perempuan yang menurut agensinya, Eastern, adalah ibu kandungnya.

Dia mengembangkan ikatan yang dalam dengan perempuan itu selama beberapa tahun, tetapi hancur setelah tes DNA pada tahun 2012 menunjukkan bahwa mereka tidak berhubungan.

AP berbicara kepada 10 orang lainnya yang menemukan identitas mereka tertukar dengan orang lain. Ketika anak-anak yang diproses untuk adopsi meninggal, menjadi terlalu sakit untuk bepergian atau ditemukan oleh keluarga kandung mereka, agensi sering kali menggantinya dengan anak-anak lain, menurut mantan pekerja adopsi.

Dalam sebuah pertemuan dengan seorang anak adopsi pada tahun 2021 yang dihadiri oleh AP, seorang pekerja lama mengatakan bahwa lembaga mitra Barat bersedia menerima "anak mana pun dengan jenis kelamin dan usia yang sama, karena akan memakan waktu lama untuk memulai lagi."

Park adalah salah satu dari lebih dari 360 anak adopsi yang telah meminta Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Korea Selatan untuk menyelidiki keadaan seputar adopsi mereka.

Tidak seorang pun tahu berapa banyak adopsi Korea yang dipertanyakan atau bahkan dipalsukan, sebagian karena privasi dan kepekaan yang terlibat beserta ketidakjelasan dan ketidakandalan dokumen. Para pendukung mengatakan banyak adopsi memiliki akhir yang bahagia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home