Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:37 WIB | Senin, 09 September 2024

Migran China Berbondong-bondong ke Meksiko, Mencari Pekerjaan dan Kebebasan

Migran China Berbondong-bondong ke Meksiko, Mencari Pekerjaan dan Kebebasan
Migran China menunggu untuk diproses setelah melintasi perbatasan dengan Meksiko pada 8 Mei 2024, dekat Jacumba Hot Springs, California (Foto: dok. AP/Ryan Sun)
Migran China Berbondong-bondong ke Meksiko, Mencari Pekerjaan dan Kebebasan
Sekelompok orang, termasuk banyak dari China, berjalan di sepanjang tembok setelah melintasi perbatasan dengan Meksiko untuk mencari suaka, hari Selasa, 24 Oktober 2023, dekat Jacumba, California (Foto: dok. AP/Gregory Bull)
Migran China Berbondong-bondong ke Meksiko, Mencari Pekerjaan dan Kebebasan
Produk-produk China terlihat di sebuah supermarket di pusat kota Mexico City, Rabu, 24 Juli 2024. (Foto: dok. AP/Eduardo Verdugo)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM-Meskipun memiliki pekerjaan teknologi dengan gaji tinggi, Li Daijing, tidak ragu ketika sepupunya meminta bantuan untuk mengelola restoran di Mexico City. Ia berkemas dan meninggalkan China menuju ibu kota Meksiko tahun lalu, dengan impian akan petualangan baru.

Perempuan berusia 30 tahun asal Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, berharap suatu hari nanti dapat memulai bisnis daring dengan mengimpor furnitur dari negara asalnya. “Saya ingin lebih,” kata Li. “Saya ingin menjadi perempuan yang kuat. Saya ingin kemerdekaan.”

Li termasuk dalam gelombang baru migran China yang meninggalkan negara mereka untuk mencari peluang, lebih banyak kebebasan, atau prospek keuangan yang lebih baik di saat ekonomi Tiongkok melambat, tingkat pengangguran kaum muda tetap tinggi, dan hubungannya dengan AS dan sekutunya memburuk. Sementara patroli perbatasan AS menangkap puluhan ribu warga Tiongkok di perbatasan AS-Meksiko selama setahun terakhir, ribuan orang menjadikan negara Amerika Latin itu sebagai tujuan akhir mereka. Banyak yang berharap untuk memulai bisnis sendiri, memanfaatkan kedekatan Meksiko dengan AS.

Tahun lalu, pemerintah Meksiko mengeluarkan 5.070 visa tinggal sementara untuk imigran Tiongkok, dua kali lipat dari tahun sebelumnya — menjadikan Tiongkok sebagai negara ketiga, setelah Amerika Serikat dan Kolombia, sebagai sumber migran yang diberi izin.

Diaspora yang mengakar kuat yang telah memupuk jaringan keluarga dan bisnis yang kuat selama beberapa dekade membuat Meksiko menarik bagi pendatang baru Tiongkok; begitu pula dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional Tiongkok di Meksiko, yang telah mendirikan usaha agar dekat dengan pasar di Amerika.

“Banyak orang China mulai datang ke sini dua tahun lalu — dan orang-orang ini perlu makan,” kata Duan Fan, pemilik “Nuevey media,” sebuah restoran di lingkungan Roma Sur yang bergaya di Mexico City yang menyajikan makanan pedas dari Sichuan, provinsi asalnya.

“Saya membuka restoran China agar orang-orang bisa datang ke sini dan makan seperti di rumah,” katanya.

Duan, 27 tahun, tiba di Meksiko pada tahun 2017 untuk bekerja dengan pamannya yang memiliki bisnis grosir di Tepito, dekat pusat bersejarah ibu kota, dan kemudian orang tuanya pun bergabung.

Tidak seperti generasi orang China sebelumnya yang datang ke Meksiko utara dari Provinsi Guangdong di China selatan, para pendatang baru ini kemungkinan besar datang dari seluruh China.

Data dari sensus terbaru tahun 2020 oleh Institut Statistik dan Geografi Nasional Meksiko menunjukkan bahwa imigran China sebagian besar terkonsentrasi di Kota Meksiko. Satu dekade lalu, sensus mencatat konsentrasi orang China terbesar di negara bagian paling utara Baja California, di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko di seberang California.

Kedatangan perusahaan multinasional China menyebabkan masuknya “orang-orang dari China timur, yang lebih terdidik dan memiliki latar belakang global yang lebih luas,” kata Andrei Guerrero, koordinator akademis Pusat Studi China-Baja California.

Di lingkungan kelas menengah Kota Meksiko, Viaducto-Piedad, dekat Pecinan bersejarah kota itu, komunitas Tionghoa baru telah tumbuh sejak akhir 1990-an. Imigran Tionghoa tidak hanya membuka usaha, tetapi juga menciptakan ruang komunitas untuk acara keagamaan dan rekreasi anak-anak.

Viaducto-Piedad dikenal oleh orang Tionghoa sendiri sebagai "Pecinan" Kota Meksiko yang sesungguhnya, kata Monica Cinco, seorang spesialis migrasi Tionghoa dan direktur umum Yayasan EDUCA Meksiko.

"Ketika saya bertanya mengapa, mereka akan menjawab karena kami tinggal di sini. Kami memiliki toko untuk konsumsi orang Tionghoa, salon kecantikan, dan restoran khusus untuk orang Tionghoa," katanya. "Mereka tinggal di sana, ada komunitas dan beberapa sekolah umum di daerah itu memiliki populasi Tionghoa yang signifikan."

Di pusat kota Kota Meksiko, pengusaha Tionghoa tidak hanya membuka toko grosir baru tetapi juga mengambil alih puluhan gedung. Kadang-kadang, mereka menjadi sumber ketegangan dengan bisnis dan penduduk setempat, yang mengatakan perluasan perusahaan milik orang Tionghoa menggusur mereka.

Di sebuah minimarket di kawasan pusat kota yang ramai yang menjual berbagai produk China seperti jamur kuping kering dan sayap bebek pedas yang dikemas vakum, Dong Shengli yang berusia 33 tahun mengatakan bahwa ia pindah ke Mexico City dari Beijing beberapa bulan lalu untuk membantu mengelola toko bagi beberapa temannya.

Dong — yang kini telah mendapatkan pekerjaan di sebuah grosir yang mengimpor sepatu kets dan pakaian desainer tiruan — mengatakan bahwa ia pernah bekerja di Komisi Energi Nasional China, tetapi dibujuk oleh teman-temannya untuk datang ke sini.

Ia berencana untuk menjajaki berbagai kemungkinan bisnis di Meksiko, tetapi China masih menarik baginya. “Istri dan orang tua saya ada di China. Ibu saya sudah tua, ia membutuhkan saya,” katanya.

Yang lainnya meninggalkan China untuk mencari kebebasan yang lebih besar. Itulah yang terjadi pada Tan yang berusia 50 tahun, yang hanya memberikan nama belakangnya karena khawatir akan keselamatan keluarganya, yang masih tinggal di China. Ia tiba di Meksiko tahun ini dari provinsi selatan Guangdong dan mendapat pekerjaan selama beberapa bulan di Sam’s Club. Di rumah, ia bekerja di berbagai pekerjaan, termasuk di pabrik kimia dan menulis artikel majalah selama pandemi.

Namun, ia merasa kesal dengan apa yang ia gambarkan sebagai suasana represif di China. "Bukan hanya penindasan di tempat kerja, tetapi mentalitasnya," katanya. "Saya bisa merasakan kemunduran politik, mundurnya kebebasan dan demokrasi. Implikasinya benar-benar membuat orang merasa tersiksa dan sakit. Jadi, hidup ini sangat menyakitkan."

Yang menarik perhatiannya di Mexico City adalah protes yang sering memadati jalan-jalan utama kota itu — bukti, katanya, bahwa kebebasan berekspresi yang ia dambakan ada di negara ini.

Di restoran tempat ia masih membantu di lingkungan Juárez yang trendi, Li mengatakan Meksiko menonjol sebagai tanah peluang baginya dan warga China lainnya yang tidak memiliki kerabat di Amerika Serikat untuk membantu mereka menetap di sana.

Ia mengatakan ia meninggalkan China sebagian karena budaya tempat kerja yang kompetitif dan harga rumah yang tinggi. “Di China, semua orang menabung untuk membeli rumah, tetapi biaya untuk mendapatkannya sangat mahal,” katanya.

Dengan percaya diri dan senyum yang menular, Li mengatakan bahwa ia berharap keterampilannya sebagai promotor penjualan untuk raksasa teknologi China, Tencent Games, akan membantunya maju di Meksiko.

Ia mengatakan bahwa ia belum banyak bertemu dengan perempuan China seperti dirinya di Mexico City: pendatang baru, muda, dan lajang.

Sebagian besar telah menikah dan pindah ke Meksiko untuk bersatu kembali dengan suami mereka. “Datang ke sini berarti menghadapi sesuatu yang tidak diketahui,” katanya.

Li tidak tahu kapan ia akan dapat melaksanakan rencana bisnisnya yang ambisius, tetapi ia punya ide: Misalnya, ia membayangkan bahwa di Provinsi Henan ia bisa mendapatkan kursi, meja, dan perabotan lainnya dengan harga yang bagus. Sementara itu, ia menjual perabotan yang diimpor ke Meksiko oleh seorang teman China di platform e-commerce Mercado Libre.

“Saya belum menikah, saya tidak punya pacar, saya hanya diri saya sendiri,” katanya, “jadi saya akan bekerja keras dan berjuang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home