Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:26 WIB | Kamis, 31 Agustus 2023

Militer Gabon Lakukan Kudeta, Presiden dan Putranya Ditahan

Presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba. (Foto: dok. Ist)

LIBREVILLE, SATUARAPAN.COM-Presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba, ditahan di rumahnya dan salah satu putranya ditangkap karena “pengkhianatan,” kata para perwira militer pada hari Rabu (30/8), beberapa jam setelah mengumumkan bahwa mereka telah menggulingkan pemerintah.

“Presiden Ali Bongo berada dalam tahanan rumah, dikelilingi oleh keluarga dan dokternya,” kata mereka dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di TV pemerintah.

Putra Bongo dan penasihat dekatnya, Noureddin Bongo Valentin, kepala stafnya, Ian Ghislain Ngoulou, serta wakilnya, dua penasihat presiden lainnya dan dua pejabat tinggi di Partai Demokrat Gabon (PDG) yang berkuasa “telah ditangkap,” kata seorang pemimpin militer.

Mereka dituduh melakukan makar, penggelapan, korupsi dan memalsukan tanda tangan presiden, serta tuduhan lainnya, katanya.

Sebelumnya pada hari Rabu, para perwira militer mengatakan mereka telah menggulingkan Bongo, yang telah berkuasa selama 14 tahun, beberapa jam setelah ia dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu hari Sabtu.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, mereka mengatakan hasil pemungutan suara telah dibatalkan dan “semua institusi republik” dibubarkan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home