Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:48 WIB | Rabu, 04 Desember 2013

Nelson Mandela Terus Bertahan Walau Kritis

Mandela pada tahun 2007. (Foto: mg.co.za/AFP)
JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM - Kondisi kesehatan Nelson Mandela dilaporkan masih kritis dan tetap menjalani pengobatan di rumah. Putri Nelson Mandela, Makaziwe Mandela mengatakan: "Tata masih bersama kami. Sangat kuat, seperti yang saya katakan sangat berani. Di tempat tidur kematiannya, saya pikir ia masih memberi kita pelajaran, pelajaran dalam kesabaran, pelajaran kasih, pelajaran dalam toleransi.
"Setiap saat, setiap menit dengan Tata adalah mengagumkan saya ... Ada saat-saat ketika saya harus mencubit diri sendiri bahwa saya lahir dari pria yang begitu kuat, seorang pejuang. Bahkan seperti saat anda melihat dia sedang berjuang, sekarang semangat juangnya masih ada bersamanya," kata Makaziwe.
Makaziwe menceritakan kondisi ayahnya dalam peluncuran buku Nelson Mandela Opus di Johannesburg Selasa (3/12). Istri Mandela Graça Machel, cucunya Ndaba Mandela dan anggota keluarga lainnya juga menghadiri peluncuran.
Ndaba Mandela mengatakan: "Dia masih bersama kami. Meskipun penyembuhan di rumah tidak berjalan baik, namun kami merasa bahwa kami perlu melakukan sesuatu yang istimewa untuknya . . . "
Mandela menghabiskan hampir tiga bulan di Rumah Sakit Jantung Medi-Clinic pada bulan Juni karena infeksi paru-paru kambuhan. Selama di rumah sakit, presiden Afrika Selatan Jacob Zuma melaporkan bahwa Mandela dalam kondisi kritis tetapi stabil. Mandela dipulangkan dari rumah sakit pada bulan September dan menjalani perawatan medis di rumah.
Presiden Jacob Zuma terakhir mengunjungi Mandela di rumahnya pada 18 November. Juru bicara kepresidenan, Mac Maharaj mengatakan: "Kesehatan mantan presiden tetap sama seperti ketika Presiden Zuma mengunjunginya di rumah sakit, stabil namun kritis, sementara Madiba terus merespon pengobatan yang dia terima." (mg.co.za)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home