Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:28 WIB | Rabu, 17 Februari 2016

Obama: Konflik Suriah Bukan Kontes Antara Saya dan Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Barack Obama berbicara melalui telepon untuk membahas Suriah hari Minggu 14/2. (Foto: AP)

RANCHO MIRAGE, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Selasa (16/02), menegaskan bahwa Rusia telah membuat kesalahan strategi dengan membantu Presiden Suriah Bashar al Assad. Meski demikian, ia mengatakan bahwa konflik tersebut bukan tentang dirinya dan Vladimir Putin.

Memprediksi “situasi berbahaya” yang dapat menghabiskan aset Rusia, Obama mengatakan bahwa “ini bukanlah kontes antara saya dan Putin.”

“Pertanyaan tepat yang harus ditanyakan adalah apakah Rusia berpikir bahwa mereka beruntung jika mendukung sekutu yang telah sepenuhnya hancur, yang membuat mereka harus terus-menerus menghabiskan miliaran dolar demi memberikan dukungan ” kata Obama.

“Putin mungkin berpikir bahwa ia siap untuk mengerahkan tentara Rusia di Suriah secara permanen. Itu akan menghabiskan banyak dana.”

“Sekitar tiga perempat wilayah negara itu masih dikendalikan pihak lain dibandingkan Assad. Itu tidak berhenti dalam waktu dekat.”

Obama mengatakan bahwa gencatan senjata yang didukung secara internasional dan akan berlaku dalam sepekan, akan sulit dicapai.

“Itu sulit untuk dilakukan, karena telah ada banyak pertumpahan darah,” kata Obama. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home