Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Selasa, 12 September 2023

Pasca Gempa Bumi, Warga Donggala Mulai Kembali dari Pengungsian

Warga mengungsi di halaman depan rumah mereka masing-masing setelah terjadi gempabumi M 6,3 di wilayah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (9/9). (Foto: BPBD Kabupaten Donggala)

DONGGALA, SATUHARAPAN.COM-Warga yang mengungsi setelah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,3 di wilayah Donggala, Sulawesi Tengah, berangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing.

Berdasarkan perkembangan data dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),seperti disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, jumlah pengungsi pada hari Minggu (10/9) ada sebanyak 2.874 jiwa.

Ada penurunan jumlah pengungsi sebanyak 906 jiwa. Kendati demikian, angka tersebut masih dinamis, sebab ada warga yang memang kembali ke rumah masing-masing untuk menjaga dan menyelamatkan harta benda selama ditinggal di pengungsian.

Para warga akan kembali ke pengungsian mandiri apabila hari mulai gelap. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi gempabumi susulan.

Sementara hasil asesmen yang dilakukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, kerusakan bangunan yang terdampak gempabumi tidak berubah dari data sebelumnya. Hingga saat ini ada tiga rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Adapun kerusakan bangunan rumah tersebut rata-rata ada di bagian dinding dan tiang pasak penyangga. Hal itu terjadi lantaran struktur bangunan kurang kuat sehingga retak dan roboh ketika diguncang gempa bumi. Sementara itu, korban jiwa juga belum ada laporan hingga saat ini.

BPBD Kabupaten Donggala hingga kini masih melakukan pendampingan warga pengungsi dan berupaya memberikan dukungan baik logistik maupun peralatan yang dibutuhkan selama berada di pengungsian.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home