Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:33 WIB | Senin, 16 September 2024

Paus Akhiri Perjalanan ke Asia Dengan Pesan Sama: Toleransi Antar Agama

Paus Fransiskus menghadiri pertemuan antar agama dengan kaum muda di Catholic Junior College di Singapura, hari Jumat, 13 September 2024. Paus Fransiskus mengakhiri kunjungannya ke Singapura dengan memuji tradisi kerukunan antaragama di sana. (Foto: AP/Gregorio Borgia)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengakhiri kunjungannya ke Singapura pada hari Jumat (13/9) dengan memuji tradisi kerukunan antar agama di sana, menutup perjalanannya ke empat negara di Asia dengan pesan toleransi yang sama yang disampaikannya di awal.

Fransiskus memimpin pertemuan kaum muda dari beberapa tradisi agama yang ada di Singapura, tempat masjid, kuil Buddha, dan gereja Kristen berdiri berdampingan di antara gedung pencakar langit ikonik negara-kota itu.

Sebagai tanda bahwa ia menikmati dirinya sendiri, Fransiskus menghentikan pidatonya dan mendesak para pemuda untuk mengambil risiko, bahkan jika itu berarti membuat kesalahan. Namun, ia kembali ke topik yang sedang dibahas untuk menyampaikan pokok bahasan utamanya tentang perlunya orang-orang dari berbagai agama untuk terlibat dalam dialog yang konstruktif alih-alih bersikeras pada kebenaran keyakinan mereka masing-masing.

“Semua agama adalah jalan untuk sampai kepada Tuhan,” katanya. “Mereka seperti bahasa yang berbeda untuk sampai ke sana. Namun, Tuhan adalah Tuhan bagi semua orang.”

Itu adalah acara terakhir Fransiskus sebelum ia menaiki pesawat Singapore Airlines A35-900 untuk penerbangan 12 jam 35 menit kembali ke Roma untuk menyelesaikan perjalanan terpanjang dan terjauh selama masa kepausannya.

Fransiskus berada di Singapura untuk menyemangati umat Katoliknya, yang jumlahnya sekitar 3,5% dari populasi yang jumlahnya hampir enam juta, sambil menyoroti tradisi hidup berdampingan antar agama di Singapura. Menurut sensus tahun 2020, umat Buddha berjumlah sekitar 31% dari populasi, Kristen 19%, dan Muslim 15%, sementara sekitar seperlima dari populasi tidak menyatakan kepercayaan agama apa pun.

Paus pertama Amerika Latin dalam sejarah menyampaikan pesan yang sangat positif di salah satu negara terkaya di dunia, memuji pembangunan ekonomi Singapura dan hanya menyampaikan satu seruan publik: agar memperlakukan pekerja imigrannya dengan bermartabat dan upah yang adil.

Dalam sambutan publiknya, ia menghindari isu-isu kontroversial seperti penggunaan hukuman mati di Singapura, yang telah dinyatakan Fransiskus sebagai "tidak dapat diterima" dalam segala situasi.

Fransiskus telah mengemukakan penentangan gereja terhadap hukuman mati saat mengunjungi negara-negara tempat hukuman itu digunakan, termasuk Bahrain. Namun setidaknya dalam sambutan publiknya, Fransiskus tidak menyebutkannya saat berada di Singapura, mungkin sebagai bentuk penghormatan kepada tuan rumahnya selama perjalanan yang kemungkinan diawasi ketat di China, tempat Vatikan mengupayakan hubungan yang lebih baik.

Perjalanan Fransiskus selama 11 hari membawanya ke Indonesia, Papua Nugini, dan Timor Timur sebelum Singapura. Perjalanan sejauh 32.814 kilometer (20.390 mil) melalui udara menjadikannya perjalanan terpanjang dan terjauh selama masa kepausannya, dan salah satu perjalanan kepausan terpanjang dalam hal hari perjalanan dan jarak yang ditempuh. Hanya beberapa perjalanan Santo Yohanes Paulus II pada tahun 1980-an yang lebih panjang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home