Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:00 WIB | Senin, 16 September 2024

Paus Fransiskus: Pelecehan Seksual Adalah “Iblis:

Dia mengatakan itu saat ia menanggapi skandal baru di gereja Prancis, dalam perjalanan pulang dari kunjungan di Asia.
Paus Fransiskus mengadakan konferensi pers di atas pesawat kepausan dalam penerbangannya kembali setelah perjalanan 12 hari melintasi Asia Tenggara dan Oseania, Jumat, 13 September 2024. (Foto: Guglielmo Mangiapane/pool via AP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus menyebut pelecehan seksual sebagai "iblis" pada hari Jumat (13/9) saat ia menanggapi pengungkapan pelecehan seksual terbaru oleh seorang pastor legendaris Prancis, Abbe Pierre, yang mengabdikan hidupnya untuk membela para tunawisma.

Abbé Pierre, yang meninggal pada tahun 2007, adalah salah satu tokoh masyarakat Prancis yang paling dicintai. Pendiri Komunitas Emaus internasional untuk kaum miskin, Abbé Pierre telah menjadi bagian dari hati nurani Prancis sejak tahun 1950-an, ketika ia membujuk Parlemen untuk meloloskan undang-undang — yang masih berlaku — yang melarang tuan tanah mengusir penyewa selama musim dingin.

Emmaus International pekan ini mengungkapkan bahwa mereka telah membuktikan 17 tuntutan lagi terhadap mendiang pendirinya, menambah tujuh tuntutan yang dipublikasikan pada bulan Juli ketika terungkap bahwa tuntutan tersebut merupakan "serangan seksual atau pelecehan seksual."

Skandal tersebut memicu kemarahan di kalangan umat Katolik Prancis, yang menganggap Abbe Pierre sebagai pahlawan dan ikon.

Fransiskus ditanyai dalam konferensi pers di dalam pesawat saat kembali dari Asia tentang apa yang diketahui Vatikan dan tentang Abbe Pierre, mengingat laporan bahwa setidaknya beberapa orang yang dekat dengannya mengetahui perilaku seksual impulsifnya.

Fransiskus mengatakan dia tidak tahu kapan tepatnya Takhta Suci mengetahui tentang pelecehan yang dialaminya, tetapi itu terjadi setelah dia (pelaku) meninggal.

Dia menyebut Abbe Pierre sebagai "pendosa yang mengerikan" tetapi "kejahatan yang memalukan" seperti itu juga merupakan "kondisi manusia."

"Dia adalah pria yang melakukan begitu banyak kebaikan, tetapi dia juga seorang pendosa. Kita harus berbicara dengan jelas tentang hal-hal ini, dan tidak menyembunyikannya," katanya. “Menurut saya, tindak kekerasan adalah sesuatu yang jahat, karena setiap jenis kekerasan menghancurkan martabat seseorang.”

Menurut Emmaus, 17 kasus baru tersebut melibatkan perempuan yang melaporkan perilaku yang mirip dengan yang dilaporkan oleh tujuh korban pertama, yang memperluas tuduhan tindak kekerasan dari tahun 1950-an dan 2000-an.

Klaim mereka melibatkan “sentuhan payudara yang tidak diminta dan ciuman paksa,” serta kontak seksual berulang dengan orang yang rentan, penetrasi seksual dengan perempuan dewasa, dan kontak seksual dengan anak, menurut Emmaus.

Kasus Abbe Pierre adalah kasus terbaru yang melibatkan seorang pemimpin Katolik yang dihormati dan karismatik yang ternyata adalah seorang predator seksual. Dalam beberapa hal, kasus ini mirip dengan skandal yang melibatkan ikon Prancis lainnya, Jean Vanier, yang mendirikan gerakan L’Arche untuk merawat orang-orang penyandang disabilitas dan kemudian ditemukan telah melakukan pelanggaran terhadap perempuan dewasa.

Fransiskus harus menghadapi kasus serupa selama kunjungannya ke Timor Timur. Uskup Timor Carlos Ximenes Belo memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas kampanye tanpa kekerasannya untuk kemerdekaan, tetapi Vatikan mengungkapkan pada tahun 2022 bahwa ia telah dijatuhi sanksi karena melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki.

Belo diizinkan oleh St. Yohanes Paulus II untuk pensiun dengan tenang pada tahun 2002, dan Takhta Suci tidak pernah mengungkapkan apa yang diketahuinya dan kapan tentang kejahatannya.

Fransiskus tidak menyebut nama Belo saat ia berada di Timor Timur, tempat Belo masih dihormati dan banyak orang Timor menolak untuk percaya bahwa ia adalah seorang pelaku pelecehan. Namun Fransiskus mengutuk "pelecehan" secara umum saat tiba di Dili.

Emmaus dan Yayasan Abbe Pierre mengumumkan serangkaian langkah untuk menjauhkan diri dari pendiri mereka, termasuk perubahan nama yayasan dan logo Emmaus serta penutupan tugu peringatan yang didedikasikan untuk pendeta tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home