Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Minggu, 08 September 2024

Paus Bertemu Umat Katolik Papua Nugini, Pemeluk Kristen dan Kepercayaan Pribumi

Paus Bertemu Umat Katolik Papua Nugini, Pemeluk Kristen dan Kepercayaan Pribumi
Foto yang tidak bertanggal ini disediakan oleh Romo Tomas Ravaioli yang memperlihatkan penduduk desa setempat berpose untuk foto bersamanya di Goroka, Papua Nugini. (Foto: Romo Tomas Ravaioli via AP)
Paus Bertemu Umat Katolik Papua Nugini, Pemeluk Kristen dan Kepercayaan Pribumi
Paus Yohanes Paulus II disambut oleh penduduk asli Dataran Tinggi Papua Nugini saat kunjungannya ke Gunung Hagen, Papua Nugini, pada tanggal 8 Mei 1984. (Foto: dok. AP)

PORT MORESBY-SATUHARAPAN.COM-Kunjungan Paus Fransiskus ke Papua Nugini membawanya ke daerah terpencil di negara kepulauan Pasifik Selatan itu, tempat agama Kristen merupakan tambahan baru bagi kepercayaan spiritual tradisional yang telah berkembang selama ribuan tahun.

Fransiskus akan mengunjungi keuskupan Vanimo di pulau utama Nugini, salah satu yang paling terpencil dan tertinggal di negara yang miskin dan beragam, menurut Uskup setempat, Francis Meli.

Pernak-pernik modernitas langka. Tidak ada air bersih untuk lebih dari 120.000 orang yang tinggal di keuskupan itu, menurut situs web gereja. Listrik merupakan kemewahan bagi segelintir orang yang mampu membeli panel surya atau generator portabel.

Kunjungan itu merupakan sorotan keagamaan yang luar biasa di daerah tempat misionaris Kristen baru tiba pada tahun 1961, dan tempat agama itu hidup berdampingan dengan pemujaan leluhur tradisional, animisme, dan ilmu sihir.

Paus bertemu dengan sekitar selusin biarawati misionaris dan pastor dari negara asalnya, Argentina, selama kunjungannya yang dijadwalkan pada 8 September. Ia juga akan memeriksa sekolah menengah yang dibangun gereja dan pusat krisis untuk wanita dan anak perempuan yang dilecehkan.

Misionaris Argentina, Tomas Ravaioli, seorang pastor dari Institut Sabda Inkarnasi, mengatakan ia datang ke Keuskupan Vanimo 14 tahun lalu setelah atasannya mengatakan kepadanya bahwa ada "kebutuhan besar untuk pastor."

Sementara gereja-gereja Kristen penuh, "adat dan tradisi Pribumi sangat mengakar," kata Ravaioli. "Terkadang bagi orang-orang, tidak mudah untuk menjalani Kekristenan 100% karena mereka memiliki tradisi yang bersifat pagan," kata Ravaioli.

"Tetapi sejujurnya, saya pikir Kekristenan di sini di Papua Nugini sangat, sangat kuat," tambahnya.

Papua Nugini adalah negara yang mayoritas beragama Kristen — sensus tahun 2000 menunjukkan 96% penduduknya menganut agama tersebut — tetapi kepercayaan spiritual yang berkembang selama 50.000 tahun dihuni manusia tetap menjadi bagian dari budaya bangsa tersebut.

Michael Mel adalah seorang akademisi berusia 65 tahun yang dibaptis saat masih bayi oleh salah satu misionaris pertama yang mencapai desanya di dataran tinggi terpencil. Sebagai seorang pria Pribumi, ia mengatakan bahwa ia juga "berpihak" pada spiritualitas tradisional dan memperingatkan agar tidak meninggalkan budaya Pribumi.

"Peradaban Barat itu hebat. Barat telah memberi kita kemampuan membaca dan menulis serta teknologi dan semua hal lainnya, tetapi ada beberapa hal yang menurut saya kepekaan kita jauh, jauh lebih baik," kata Mel, sambil mencontohkan perawatan hutan Pribumi.

Pertambangan telah memperlebar jurang ekonomi negara dan mengadu domba antara yang kaya dan yang miskin. "Kita perlu menyeimbangkan diri. Kita tidak bisa begitu saja membuang pengetahuan kita dan menerima peradaban Barat sepenuhnya,” kata Mel.

Namun, kepercayaan tradisional juga dapat berkontribusi terhadap kekerasan suku yang mematikan yang menciptakan ancaman keamanan internal yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh negeri, terutama tuduhan tentang ilmu sihir, yang dikenal dalam bahasa lokal sebagai sanguma.

Tuduhan ilmu sihir biasanya muncul sebagai reaksi terhadap kematian atau penyakit yang tidak terduga. Namun, beberapa orang menduga bahwa tuduhan itu juga mencerminkan kecemburuan dan persaingan yang timbul dari perubahan masyarakat besar dalam beberapa dekade terakhir yang lebih berkaitan dengan modernisasi yang cepat dan pembangunan yang tidak merata daripada agama.

Karena busur dan anak panah tradisional digantikan oleh senapan serbu yang lebih mematikan, jumlah korban pertempuran menjadi lebih mematikan, dan polisi khawatir bahwa mereka kalah dalam hal persenjataan. Tentara bayaran juga sekarang menjadi ciri dari apa yang dulunya merupakan konflik yang terbatas pada suku yang bermusuhan.

“Meskipun mereka percaya kepada Tuhan dan mereka percaya kepada Yesus Kristus, ... mereka takut pada ilmu sihir,” kata Uskup Meli, yang lahir di sebelah timur Vanimo di sebuah pulau di lepas pantai, New Britain.

Pihak berwenang tidak memaafkan penganiayaan terhadap para penyihir. Parlemen pada tahun 2013 mencabut Undang-undang Sihir yang menjadikan tuduhan sihir sebagai pembelaan sebagian terhadap tuduhan pembunuhan. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa penuntutan atas kekerasan terhadap terdakwa penyihir masih jarang dibandingkan dengan perburuan penyihir yang umum terjadi.

Sumber konflik lain yang terus berlanjut adalah kepemilikan tanah. Hampir semua tanah di Papua Nugini dimiliki secara adat, yang berarti tanah tersebut dimiliki oleh suku atau kelompok tertentu, bukan individu. Tanpa batas yang jelas antara tanah adat, sengketa teritorial sering kali berujung pada kekerasan.

Keduanya termasuk dalam kombinasi kompleks penyebab yang disalahkan atas pembantaian di Provinsi Sepik Timur, sebelah timur Vanimo, pada tanggal 17 Juli ketika 30 pria bersenjatakan senapan, kapak, tombak, pisau, dan ketapel yang melemparkan batang baja tajam menewaskan sedikitnya 26 penduduk desa.

Empat pekan kemudian, polisi melaporkan seorang tersangka telah ditangkap. Mereka tetap berharap pelaku lainnya akan ditemukan. Badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, mengatakan 395 korban serangan, termasuk 220 anak-anak, masih kehilangan tempat tinggal lebih dari sebulan kemudian karena rumah mereka dibakar.

Meli mengatakan kekerasan suku bukan masalah di keuskupannya, di mana ia menggambarkan penduduknya sebagai "ramah dan damai."

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, menikmati perhatian yang akan diberikan kunjungan kepausan bagi negaranya, dengan mencatat bahwa 80 anggota media internasional telah mendaftar untuk datang ke sana guna menghadiri acara tersebut.

Marape mengatakan para pemimpin Pasifik Selatan yang ditemuinya di Forum Kepulauan Pasifik di Tonga pada akhir Agustus telah mengusulkan pengiriman delegasi untuk bertemu Paus.

Ia juga mencatat bahwa umat Katolik merupakan denominasi Kristen terbesar di Papua Nugini. Umat Katolik mencakup 26% dari populasi, menurut sensus tahun 2011. "Kami menantikan kunjungan tersebut," kata Marape kepada The Associated Press di ibu kota Tonga, Nuku'alofa.

Vatikan menyoroti Papua Nugini di panggung internasional pada saat Amerika Serikat dan China berjuang memperebutkan bekas medan pertempuran Perang Dunia II untuk mendapatkan pengaruh strategis.

Amerika Serikat dan sekutu dekatnya Australia, yang khawatir dengan pengaruh China yang semakin besar di Pasifik Selatan, telah membuat perjanjian keamanan baru dengan Papua Nugini.

Pakta terbaru Australia membahas kekhawatiran Port Moresby tentang memburuknya masalah keamanan internal. China juga dilaporkan tengah mengupayakan pakta kepolisian bilateral dengan Papua Nugini.

Sementara itu, Vatikan telah berupaya selama bertahun-tahun untuk mencoba memperbaiki hubungan dengan China yang secara resmi terputus lebih dari tujuh dekade lalu ketika Komunis berkuasa. Perjanjian baru antara China dan Vatikan tentang pengangkatan uskup China diharapkan akan ditandatangani pada bulan Oktober.

Uskup Meli mengatakan umat beriman di keuskupannya merasa takjub karena mereka akan dimasukkan dalam rencana perjalanan kunjungan pertama Paus ke Papua Nugini sejak Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1995.

"Mereka sangat gembira dan orang-orang dipenuhi dengan kegembiraan dan kegirangan karena ini bersejarah," kata Meli. "Mereka tidak berpikir ada Paus dalam sejarah yang akan dapat datang lagi ke Vanimo," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home