Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Kamis, 29 Agustus 2024

Paus Kunjungi Timor Leste Setelah Skandal Pelecehan oleh Pastor, Akankah Dia Menanganinya?

Papan reklame ucapan selamat datang kepada Paus Fransiskus berdiri di atas mural yang menghormati Uskup Belo dan tiga orang lainnya sebagai pahlawan nasional di Dili, Timor Leste, Rabu, 14 Agustus 2024. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)

DILI, SATUHARAPAN.COM-Ketika Vatikan mengakui pada tahun 2022 bahwa pemenang Hadiah Nobel Perdamaian sekaligus pahlawan kemerdekaan Timor Timur, Uskup Carlos Ximenes Belo, telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki, tampaknya skandal pelecehan seksual oleh pastor secara global yang telah merusak kredibilitas Gereja Katolik di seluruh dunia akhirnya tiba di negara termuda di Asia tersebut.

Namun, gereja di Timor Timur saat ini lebih kuat dari sebelumnya, dengan sebagian besar meremehkan, meragukan, atau menolak tuduhan terhadap Belo dan tuduhan terhadap misionaris Amerika yang populer yang mengaku telah melakukan pelecehan terhadap gadis-gadis muda. Banyak yang justru berfokus pada peran mereka dalam menyelamatkan nyawa selama perjuangan berdarah negara itu melawan Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Paus Fransiskus akan berhadapan langsung dengan umat beriman Timor Leste dalam perjalanan pertamanya ke negara tersebut, bekas koloni Portugis yang mencakup setengah dari pulau Timor di lepas pantai utara Australia.

Namun sejauh ini, belum ada kabar apakah ia akan bertemu dengan para korban atau bahkan menyinggung pelecehan seksual tersebut secara langsung, seperti yang telah dilakukannya di negara-negara lain di mana para pengikut setianya menuntut pertanggungjawaban dari hierarki gereja atas kegagalannya melindungi anak-anak mereka.

Bahkan tanpa tekanan dari dalam Timor Timur untuk menangani skandal tersebut, akan sangat berarti bagi para korban jika Fransiskus melakukannya, kata Tjiyske Lingsma, jurnalis Belanda yang membantu mengungkap kedua kasus pelecehan tersebut.

“Saya pikir inilah saatnya bagi Paus untuk menyampaikan beberapa patah kata kepada para korban, untuk meminta maaf,” katanya dalam sebuah wawancara dari Amsterdam.

Sehari setelah Lingsma merinci kasus Belo dalam laporan September 2022 di majalah De Groene Amsterdammer, Vatikan mengonfirmasi bahwa Belo telah dijatuhi sanksi secara diam-diam dua tahun sebelumnya.

Dalam pernyataan juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, ia mengatakan gereja telah mengetahui kasus tersebut sejak 2019 dan telah memberlakukan tindakan disipliner pada tahun 2020, termasuk pembatasan pergerakan Belo dan larangan kontak sukarela dengan anak di bawah umur.

Meskipun ada pengakuan resmi, banyak orang di Timor Timur masih tidak mempercayainya, seperti mahasiswa Universitas Dili, Martinha Goveia, yang masih berharap Belo akan muncul untuk mendampingi Fransiskus selama kunjungannya mendatang.

Jika dia tidak ada di sana, katanya, "menurut saya itu tidak baik," karena itu akan mengonfirmasi bahwa dia sedang dikenai sanksi oleh Vatikan.

Pedagang sayur Alfredo Ximenes mengatakan tuduhan dan sanksi yang diakui Vatikan hanyalah rumor, dan dia berharap Belo akan datang untuk menyambut Paus dan membantah klaim tersebut secara langsung.

"Para pemimpin politik kita harus segera menemuinya untuk mengakhiri masalah dan membujuknya untuk kembali, karena bagaimanapun dia telah memberikan kontribusi besar bagi kemerdekaan nasional," kata Ximenes.

Pejabat Timor menolak menjawab pertanyaan tentang kasus Belo, tetapi tidak ada upaya untuk tidak menyebutkannya, dengan papan reklame raksasa di Dili yang menyambut Paus Fransiskus, yang kunjungannya dimulai pada 9 September, ditempatkan tepat di atas mural yang menghormati Belo dan tiga orang lainnya sebagai pahlawan nasional.

Antara Pahlawan dan Pelaku Pelecehan

Hanya sekitar 20% penduduk Timor Timur beragama Katolik ketika Indonesia menginvasi pada tahun 1975, tak lama setelah Portugal meninggalkannya sebagai koloni.

Saat ini, sekitar 98% dari 1,3 juta penduduk Timor Timur beragama Katolik, menjadikannya negara dengan jumlah penganut Katolik terbanyak di dunia di luar Vatikan.

Undang-undang yang diberlakukan oleh Indonesia yang mengharuskan penduduk untuk memilih agama, dikombinasikan dengan penentangan gereja terhadap pendudukan militer dan dukungan terhadap perlawanan selama bertahun-tahun pertempuran berdarah yang menewaskan sebanyak 200.000 orang, membantu mendatangkan gelombang anggota baru tersebut.

Belo memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas keberaniannya dalam menarik perhatian internasional terhadap pelanggaran hak asasi manusia Indonesia selama konflik, dan misionaris Amerika, Richard Daschbach, secara luas dipuji atas perannya dalam membantu menyelamatkan nyawa dalam perjuangan kemerdekaan.

Status heroik mereka, dan faktor-faktor sosial di Asia, di mana budaya cenderung memberikan banyak kekuasaan kepada orang dewasa dan figur otoritas, membantu menjelaskan mengapa para pria tersebut masih dihormati sementara di tempat lain di dunia kasus-kasus seperti itu disambut dengan kemarahan, kata Anne Barrett Doyle, dari sumber daring Bishop Accountability.

“Para uskup memiliki kekuasaan, dan di negara-negara berkembang di mana gereja dominan, mereka memiliki kekuasaan yang luar biasa,” kata Barrett Doyle.

“Namun, tidak ada kasus yang kami pelajari yang menunjukkan perbedaan kekuasaan yang ekstrem seperti yang terjadi antara Belo dan para korbannya. Ketika seorang anak diperkosa di negara yang sangat Katolik, dan pelaku kekerasan seksual tersebut bukan hanya seorang uskup tetapi juga pahlawan nasional yang legendaris, hampir tidak ada harapan bahwa keadilan akan ditegakkan.”

Pada tahun 2018, ketika rumor berkembang terhadap Daschbach, pastor tersebut mengaku dalam sebuah surat kepada otoritas gereja bahwa ia telah melakukan pelecehan terhadap gadis-gadis muda setidaknya sejak tahun 1991 hingga 2012.

"Mustahil bagi saya untuk mengingat bahkan wajah banyak dari mereka, apalagi nama-namanya," tulisnya.

Pria berusia 87 tahun itu dicopot dari jabatannya oleh Vatikan dan didakwa secara pidana di Timor Timur, di mana ia dihukum pada tahun 2021 dan sekarang ditahan menjalani hukuman 12 tahun penjara.

Namun, terlepas dari pengakuannya dan kesaksian pengadilan dari para korban yang merinci pelecehan tersebut, Perdana Menteri Xanana Gusmao, seorang pahlawan kemerdekaan, telah mengunjungi Daschbach di penjara — memberinya kue dan menyajikan anggur di hari ulang tahunnya — dan mengatakan bahwa memenangkan pembebasan awal mantan pendeta itu merupakan prioritas baginya.

Dalam kasus Belo, enam tahun setelah memenangkan Hadiah Nobel, yang ia peroleh bersama Presiden Timor Timur saat ini, Jose Ramos-Horta, ia tiba-tiba pensiun sebagai kepala gereja di Timor Timur pada tahun 2002, dengan alasan kesehatan dan stres.

Tidak lama setelah pensiun, Belo, yang kini berusia 76 tahun, dikirim oleh Vatikan dan ordo misionaris Salesiannya ke bekas koloni Portugis lainnya, Mozambik, untuk bekerja sebagai pendeta misionaris.

Di sana, katanya, ia menghabiskan waktunya "mengajar katekismus kepada anak-anak, memberikan retret kepada kaum muda." Kini ia tinggal di Portugal.

Timbul kecurigaan bahwa Belo, seperti pendahulunya, telah dibiarkan pensiun dengan tenang daripada menghadapi tuntutan apa pun, mengingat kerusakan reputasi gereja yang akan ditimbulkannya.

Dalam wawancara tahun 2023 dengan The Associated Press, Paus Fransiskus menyatakan bahwa memang demikian halnya, dengan alasan bahwa begitulah cara masalah seperti itu ditangani di masa lalu.

"Ini adalah hal yang sangat lama di mana kesadaran akan masa kini ini tidak ada," kata Fransiskus. “Dan ketika hal itu terungkap tentang uskup Timor Timur, saya berkata, ‘Ya, biarkan saja terungkap.’ ... Saya tidak akan menutupinya. Namun, ini adalah keputusan yang dibuat 25 tahun lalu ketika belum ada kesadaran seperti ini.”

Lingsma mengatakan bahwa ia pertama kali mendengar tuduhan terhadap Belo pada tahun 2002, tahun yang sama ketika Timor Timur, yang juga dikenal sebagai Timor-Leste, memperoleh kemerdekaan resminya setelah pendudukan Indonesia berakhir pada tahun 1999. Ia mengatakan bahwa ia tidak dapat menyelidiki kasus tersebut dan mengumpulkan cukup bukti untuk menerbitkan ceritanya tentang Belo hingga dua dekade kemudian.

Ceritanya menarik perhatian internasional, serta pengakuan Vatikan atas kasus tersebut, tetapi di Timor Timur terutama disambut dengan skeptisisme dan reaksi negatif terhadap pelaporannya. Ceritanya pada tahun 2019 yang mengungkap kasus Daschbach akhirnya mendorong pihak berwenang untuk mendakwanya, tetapi juga tidak menimbulkan luapan kemarahan seperti yang ia perkirakan.

“Reaksinya adalah diam saja,” kenangnya.

Selama perjuangan kemerdekaan, para pastor, biarawati, dan misionaris mempertaruhkan diri mereka untuk membantu orang lain, seperti "para orang tua yang ingin menyelamatkan anak-anak mereka," membantu membentuk hubungan yang erat antara gereja dan masyarakat Timor Timur, kata sejarawan Timor, Luciano Valentim da Conceixao.

Peran gereja bahkan tercantum dalam pembukaan konstitusi negara muda tersebut, yang menyatakan bahwa Gereja Katolik "selalu mampu menghadapi penderitaan semua orang dengan bermartabat, memihak mereka dalam membela hak-hak mereka yang paling mendasar."

Karena banyak orang mengingat peran penting gereja selama masa-masa kelam itu, gereja telah menciptakan lingkungan yang membuat para korban pelecehan sulit untuk berbicara karena takut dicap anti gereja, dan tempat orang-orang seperti Belo dan Daschbach terus menerima dukungan dari semua lapisan masyarakat.

“Pedofilia dan kekerasan seksual adalah musuh bersama di Timor Timur, dan kita tidak boleh mencampuradukkannya dengan perjuangan untuk kemerdekaan,” kata Valentim da Costa Pinto, direktur eksekutif Forum LSM Timor-Leste, sebuah organisasi payung bagi sekitar 270 LSM.

Kanselir Keuskupan Dili hari ini, Pastor Ludgerio Martins da Silva, mengatakan kasus Belo dan Daschbach merupakan yurisdiksi Vatikan, dan bahwa kebanyakan orang menganggap skandal pelecehan seksual sebagai sesuatu dari masa lalu.

“Kami tidak mendengar banyak orang bertanya tentang uskup Belo karena ia meninggalkan negara ini... dua puluh tahun yang lalu,” kata da Silva.

Namun, Lingsma mengatakan ia mengetahui adanya tuduhan yang sedang berlangsung terhadap “empat atau lima” pastor lainnya, termasuk dua yang kini telah meninggal, “dan jika saya mengenal mereka, saya adalah orang terakhir yang mengetahuinya.”

“Itu juga menunjukkan bahwa seluruh sistem pelaporan ini sama sekali tidak berfungsi,” katanya.

Da Conceixao, sang sejarawan, mengatakan bahwa ia tidak cukup tahu tentang kasus-kasus terhadap Daschbach atau Belo untuk mengomentarinya, tetapi ia sangat mengenal peran mereka dalam perjuangan kemerdekaan dan menyebut mereka sebagai "pejuang kebebasan dan pastor yang tak kenal takut."

"Pastor tidak luput dari kesalahan," da Conceixao mengakui. "Tetapi kita, orang Timor, harus melihat dengan pikiran jernih kesalahan-kesalahan yang mereka buat dan kebaikan yang mereka lakukan untuk negara, untuk kebebasan sejuta orang, dan tentu saja nilainya tidak sama."

Karena sikap yang berlaku itu, Barrett Doyle mengatakan "korban kedua pria itu pastilah korban pelecehan seksual pastor yang paling terisolasi dan paling tidak didukung di dunia saat ini."

Oleh karena itu, kunjungan Fransiskus ke Timor Timur dapat menjadi momen penting dalam kepausannya, katanya, jika ia mencela Daschbach dan Belo secara langsung dan memuji keberanian para korban, mengirimkan pesan yang akan bergema secara global.

“Mengingat status Gereja Katolik yang tinggi di Timor Timur, bayangkan saja dampak kemarahan Paus yang ditujukan kepada Belo, Daschbach, dan sejumlah pastor predator lainnya yang belum diketahui jumlahnya di negara itu,” katanya.

“Fransiskus bahkan dapat berbicara kepada para korban tersembunyi di negara itu, menjanjikan dukungannya dan mendesak mereka untuk menghubunginya secara langsung tentang pelecehan yang mereka alami — ia benar-benar dapat menyelamatkan nyawa.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home