Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:26 WIB | Selasa, 27 Agustus 2024

PDIP Akan Ajukan Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024

Di Banten PDIP ajukan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi, di Jateng ajukan Jenderal TNI (purn.) Andika Perkasa dan Mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam pidatonya saat pengumuman calon kepala daerah gelombang ketiga di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan mengusung Pramono Anung-Rano Karno maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey, mengatakan saat dikonfirmasi di Jakarta, hari Selasa (27/8). “Iya (akan mengusung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta)," kata Olly dikutip Antara.

Sebelumnya, Nama Anies Baswedan santer dijagokan PDIP pada Pilkada Jakarta 2024 setelah putusan Mahkamah Konstitusi terkait aturan ambang batas pencalonan yang terbaru.

Kendati demikian, nama Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu tidak disebutkan dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (cakada) Gelombang Tiga di Kantor DPP PDI Perjuangan (PDIP), Menteng, Jakarta, hari Senin (26/8).

Di Kantor DPP PDIP hingga pukul 14.46 WIB, Anies juga tidak terlihat hadir dalam acara tersebut. Padahal, Anies dijadwalkan untuk menyambangi Kantor DPP PDIP pada Senin siang (26/8). Ia tampak mengenakan pakaian tenun warna merah di kediamannya Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan sebelum mendatangi markas PDIP.

Dia juga sudah berpamitan dan meminta restu kepada ibunya Aliyah Rasyid Baswedan dan beserta istrinya Ferry Farhati di ruang keluarga. "Anies berangkat dulu ya, mohon doa restunya semoga dilancarkan hari ini,” ujar Anies dalam keterangannya di Jakarta, Senin (25/8).

Golkar Dukung Airin di Banten

Sementara itu Partai Golkar secara resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju menjadi calon Gubernur Banten dalam Pilkada 2024.

Hal tersebut dipastikan setelah Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, memberikan formulir B1-KWK kepada Airin dan Ade di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, hari Selasa (27/8).

Bahlil mengatakan pihaknya sangat bangga mengusung Airin lantaran mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu merupakan salah satu kader terbaik Golkar. "Saya pikir Partai Golkar adalah partai besar dan Ibu Airin adalah anak kandung Partai Golkar. Rasanya tidak pas kalau tidak diantarkan ibu kandungnya untuk ikut berkompetisi," kata Bahlil.

Sebelumnya, PDI Perjuangan resmi juga memberikan dukungan kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Banten 2024

"Dari Provinsi Banten Ibu Airin Rachmi Diany didampingi oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Banten Ade Sumardi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8).

Menurutnya, Banten saat ini sudah bergelora lantaran pada Minggu (26/8) rakyat sudah mengukuhkan kedua pasangan ini untuk maju dalam Pilkada Banten 2024.

"Meskipun ada hambatan kiri-kanan, tapi harus punya semangat juang kata Ibu Mega," jelas Hasto.

Untuk pemilihan Gubernur Jawa tengah, Perjuangan resmi mengusung Jenderal TNI (purn.) Andika Perkasa dan Mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi,untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah.

Pengusungan itu diumumkan secara resmi oleh Sekjend DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (26/8).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home