Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:44 WIB | Senin, 22 Juli 2013

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis bagi Pengguna Motor

KM. Dobonsolo mengangkut pemudik motor tahun 2012 (foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mengantisipasi tingginya angka kecelakaan saat musim mudik lebaran terutama yang melibatkan sepeda motor, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan angkutan mudik lebaran gratis bagi pengguna sepeda motor. Untuk mudik gratis ini, Pemerintah telah menyiapkan kapal laut, truk dan kereta api.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan dua kapal, KM. Dobonsolo milik PT. PELNI dan KRI Banda Aceh. KM Dobonsolo memiliki kapasitas angkut 1.700 motor dan 3.400 orang penumpang. Sedangkan KRI Banda Aceh memiliki kapasitas angkut sebanyak 1.000 motor dan 2.000 penumpang.

Sementara Direktorat Perhubungan Darat menyiapkan truk khusus pengangkut sepeda motor dengan tujuan 12 kota di Pulau Jawa dan Sumatera. 12 kota tujuan tersebut adalah : Lampung, Cirebon, Tegal, Magelang, Yogyakarta, Wonogiri, Tasikmalaya, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Purwokerto, dan Solo.

Sepeda motor pemudik akan diangkut dengan 35 unit truk, sedangkan penumpang akan diangkut oleh 80 unit bus. Penumpang dibatasi maksimal 2 orang dewasa dan 1 anak balita.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian tahun ini pertama kalinya berpartisipasi pada mudik gratis angkutan sepeda motor dengan menggunakan kereta api melalui program subsidi angkutan sepeda motor. Dirjen Perkeretaapian menyiapkan untuk 2.400 sepeda motor pada saat mudik dan untuk arus balik sebanyak 2.400.

Bagi pemudik dengan sepeda motor yang berminat ikut program mudik gratis ini, dapat langsung melihat penjelasan rinci jadwal dan tujuan keberangkatan di laman Kemenhub di http://www.dephub.go.id.

(dephub.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home