Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:19 WIB | Rabu, 05 Juni 2024

Pemimpin Jerman pada Putin di Rusia: Kami Akan Pertahankan Setiap Inci Wilayah NATO

Kanselir Jerman, Olaf Scholz. (Foto: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Langkah NATO baru-baru ini untuk memperkuat perbatasan timurnya bertujuan untuk menghalangi Rusia, kata Kanselir Jerman, Olaf Scholz, pada hari Minggu (2/6), dan menambahkan bahwa Moskow harus jelas bahwa aliansi tersebut akan siap mempertahankan diri jika diperlukan.

Berbicara di Forum Ekonomi Jerman Timur yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri Lituania, Ingrida Simonyte, Scholz mengatakan Jerman telah memainkan peran utama dalam kehadiran NATO di Baltik di perbatasan Rusia, sejak hampir satu dekade lalu.

“Dan karena ancaman dari Rusia akan terus berlanjut, kami dan sekutu lainnya memutuskan tahun lalu untuk mengerahkan unit tambahan ke negara-negara Baltik dan menempatkan seluruh brigade di sana secara permanen di masa depan,” kata Scholz, menurut naskah pidatonya.

“Tetapi perubahan kebijakan keamanan ini perlu untuk menunjukkan kepada Rusia: Kami siap mempertahankan setiap inci wilayah NATO dari serangan.” Dia mengatakan diplomasi hanya akan berhasil jika ada posisi yang kuat.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, awal pekan ini memperingatkan anggota NATO agar tidak membiarkan Ukraina menembakkan senjata mereka ke Rusia, setelah beberapa sekutu Barat mencabut pembatasan yang diberlakukan terhadap penggunaan senjata yang disumbangkan ke Kiev.

Ketua NATO, Jens Stoltenberg, pada hari Jumat (31/5) menolak peringatan tersebut, dan mengatakan bahwa aliansi tersebut telah mendengarnya berkali-kali sebelumnya dan pembelaan diri bukanlah tindakan eskalasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home