Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:37 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Penyerapan BSM Capai Seratus Persen Per 15 Desember 2013

Penerima BSM. (Foto: kemdikbud.go.id)

KARAWANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memastikan sebelum 15 Desember 2013, penyerapan Bantuan Siswa Miskin (BSM) di jenjang pendidikan dasar maupun menengah sudah mencapai seratus persen.

Menurut Mendikbud, penyaluran BSM saat ini sudah mencapai 96 persen dari total 6 triliun rupiah. "Yang sisanya empat persen terus berjalan. Insyallah sebelum tanggal 15 (Desember) semua sudah selesai," kata Mohammad Nuh saat jumpa pers usai acara Pemantauan dan Penyerahan BSM oleh Kemdikbud dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kantor Bupati Karawang, pada Senin kemarin (9/12) di Jawa Barat.

Sementara itu, anggota BPK, Rizal Djalil mengatakan, kelengkapan database BSM serta kejelasan penerima BSM dan kepastian Bank penyalur menjadi faktor utama penyerapan BSM akan capai seratus persen pada 15 Desember mendatang. "Penyerapan BSM ini tanggal 15 (Desember) itu pasti seratus persen. Tidak ada keraguan sedikit pun. Databasenya lengkap," tegas Rizal Djalil.

Dalam kesempatan itu, Rizal Djalil mengapresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas pelaksanaan program BSM. Dia mengatakan, program BSM merupakan program pemerintah yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat dan tepat sasaran.

Sebelumnya, Mendikbud meminta para siswa yang yatim maupun piatu maju ke panggung. Lebih dari 20 siswa perwakilan penerima BSM dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK maju ke panggung dan berdialog dengan Mendikbud. "Insyaallah penyaluran BSM ini tepat sasaran," ungkap Mendikbud.

Mendikbud juga mengatakan, keikutsertaan BPK dalam Pemantauan dan Penyerahan BSM untuk tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Karawang, Bekasi dan Purwakarta, yang merupakan bentuk pengawasan BPK dalam memonitor kepastian penyaluran BSM.

Acara Pemantauan dan Penyerahan BSM di Kantor Bupati Karawang juga dihadiri Bupati Karawang, Ade Swara, Anggota Komisi XI DPR RI, Ade Komaruddin, Anggota BPK, Bahrullah Akbar dan Agus Joko Pramono, Dirjen Pendidikan Dasar, Hamid Muhammad dan Dirjen Pendidikan Menengah, Achmad Jazzidie. (Kemdikbud)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home