Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 04:13 WIB | Minggu, 12 Januari 2014

Perangkat Sanitasi Ponsel Berkembang

Ilustrasi telepon pintar.

LAS VEGAS, SATUHARAPAN.COM – Smartphone mungkin menjadi teman terbaik Anda tapi perlu diketahui bahwa ternyata smartphone juga membawa banyak kuman.

Saat para inovator turut serta dalam Consumer Electronics Show, banyak perusahaan yang menawarkan sanitasi lebih baik yang juga mempromosikan kebersihan.

Pameran teknologi tersebut sudah sejak lama berfokus pada kesehatan, tapi para pembuat perangkat sanitasi mengatakan orang-orang perlu berhati-hati dengan mikroba yang menempal pada gadget pribadi mereka.

Smartphone “selalu hangat dan disimpan di tempat gelap, sehingga bakteri mudah berkembang pada ponsel Anda,” kata Dan Barnes, salah satu pendiri Phonesoap, yang memamerkan perangkat yang mensanitasi dan melakukan pengisian ulang baterai ponsel.

Barnes mengatakan dia mendapatkan ide itu setelah membaca penelitian yang menunjukkan “bahwa telepon seluler 18 kali lebih kotor dari kamar mandi umum.”

Barnes mengatakan perangkatnya yang dibanderol 50 dolar Amerika (sekitar Rp 591 ribu) menggunakan radiasi ultraviolet yang “membunuh DNA bakteri, sehingga mereka tidak bisa hidup di ponsel Anda.”

Perangkat sejenis juga dipamerkan di pameran besar elektronik tersebut, seperti salah satu perangkat yang disebut CleanBeats, yang bisa membersihkan, memutar musik serta mengisi kembali baterai dua ponsel melalui koneksi USB.

Perangkat CleanBeats didasarkan pada teknologi NASA, dan akan segera merambah pasar dengan harga 499 dolar Amerika (sekitar Rp 5,9 juta), kata juru bicara Dennis Rocha untuk startup berbasis di California tersebut.

Situs perusahaannya mengatakan perangkatnya menghasilkan “molekul katalitik hidroperoksida” untuk membersihkan permukaan layar sentuh. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home